BerandaLingkunganKaya Potensi Alam, Pemekaran DOB Garut Selatan Harus Jadi Prioritas

Kaya Potensi Alam, Pemekaran DOB Garut Selatan Harus Jadi Prioritas

GARUT INTAN NEWS – Garut Selatan sebagai daerah yang kaya akan potensi alam dan sumber daya manusia, menjadi daerah yang harus diprioritaskan dalam pembahasan pemekaran wilayah Kabupaten Garut.

Ketua Paguyuban Masyarakat Garut Selatan (PMGS), Dedi Kurniawan menjelaskan beberapa alasan kuat mengapa Garut Selatan perlu dimekarkan menjadi kabupaten mandiri atau daerah otonomi baru (DOB)

Ketua Paguyuban Masyarakat Garut Selatan (PMGS), Dedi Kurniawan

Menurut Dedi Kurniawan, Jawa Barat dengan jumlah penduduk hampir mencapai 50 juta hanya memiliki 27 kabupaten dan kota, sementara Jawa Tengah dan Jawa Timur yang jumlah penduduknya lebih sedikit memiliki jumlah kabupaten dan kota yang jauh lebih banyak.

“Selisih Dana Alokasi Umum (DAU) dari pusat ke daerah antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah bahkan mencapai 7 triliun per tahun,” ungkap Dedi kepada Garut Intan News, Minggu (12/5/2024).

Baca juga Wacana Pemekaran : Garut Bakal Maju Jika Dibagi Tiga Daerah Otonomi Baru

Dalam hal pelayanan masyarakat, jarak tempuh yang jauh dari pusat pemerintahan ke wilayah terluar Garut Selatan menjadi kendala utama dalam proses pelayanan publik.

“Dari pendopo ke Talegong itu bisa mencapai 160 kilometer, ini tentu berdampak terhadap pelayanan dan waktu yang harus ditempuh oleh masyarakat,” tambahnya.

Dapat dilihat dari jumlah penduduk dan luas wilayah, Garut Selatan juga layak untuk dimekarkan. “Kabupaten Garut, Sukabumi, dan Bogor termasuk kabupaten yang padat penduduknya di Jawa Barat,” kata Dedi Kurniawan.

Studi kelayakan dari Universitas Padjajaran pada tahun 2012 menunjukkan bahwa pemekaran Garut Selatan menjadi kabupaten mandiri sangat layak.

“Sektor pelayanan akan lebih mudah, sumber daya alam dapat dikelola dengan lebih baik, dan potensi ekonomi seperti sektor pertanian, perkebunan, dan kelautan bisa dioptimalkan,” paparnya.

Dalam hal penyerapan tenaga kerja, pemekaran wilayah ini juga memberikan peluang besar bagi penduduk Garut Selatan.

“Kami akan membutuhkan sekitar 8.000 pegawai negeri sipil di Garut Selatan, yang akan diangkat secara bertahap setiap tahunnya,” jelas Dedi Kurniawan.

Dengan pemekaran wilayah, diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal, investasi akan lebih cepat berkembang, dan potensi ekonomi Garut Selatan akan tergali secara maksimal.

Dedi Kurniawan menekankan pentingnya keseriusan dari pemerintah dalam mengoptimalisasi potensi yang dimiliki oleh Garut Selatan untuk kesejahteraan bersama.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca