BerandaWisata desaMenelisik Pesona Alam dan Legenda Puncak Baru Lawang di Desa Sukamanah Malangbong...

Menelisik Pesona Alam dan Legenda Puncak Baru Lawang di Desa Sukamanah Malangbong Garut

Garut Intan News.com.
Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong,adalah suatu desa yang terletak di bagian utara -+ 35 km dari pusat pemerintahan ibu kota Kabupaten Garut.

Dari jalur lintasan, wilayah Desa Sukamanah terlintas jalan provinsi Jabar akses Nasional, yang menghubungkan jalan Jawa Barat,atau pengendara lebih mengenalnya (lintas selatan) via Tasikmalaya dan Banjar sampai menuju perbatasan Jawa tengah.

Kembali menelisik lebih dekat kehidupan dan mata pencaharian warga desa Sukamanah,yang notabene berwiraswasta (Home Industri Perkakas alat pertanian) Berdagang,petani dan berkebun.

Dibawah kepemimpinan sang kepala desanya,Aten Sulaeman adalah sosok kepala desa yang benar benar selalu planing ke depan bagaimana upayanya agar warga desanya bisa sejahtera dan mandiri di daerahnya sendiri,dengan memanfaatkan luas lahan milik carik desa luas 10.ha dan seluruhnya milik perhutani seluas 25.Ha yang bisa dikelola kesepakatan ketjasama untuk kemakmuran warganya.

Ketika Wartawan Garut Intan News com,berkunjung ke Pemerintahan desa Sukamanah,selasa 19/03/24 sambutan hangatpun tersirat ramah dari para perangkat desanya sampai langsung dipersilahkan duduk di ruangan tamu untuk berbincang dan bertemu langsung dengan kepala desanya Aten Sulaeman,beliau sudah menjabat dua priode dan sekarang menjabat untuk yang priode ketiganya.

Sejenak perbincangan awal yang dilanjutkan dengan wawancara, terkait program skala priotasnya perihal ketahanan pangan yang telah dilaksanakanya melalui peternakan Domba juga disektor perkebunan kopi yang bisa dikategorikan sukses.

Dalam gamblangnya perbincangan, Kades juga menyampaikan bahwa setiap rencana tentu ada hambatan, tapi dengan ketekunan,kesabaran dan kerja keras dalam berupaya, Insha Allah kita optimis harus yakin berhasil,ujar kades Sukamanah.

Adapun disesi kedua programnya dimaksud yaitu, Destiminasi wisata Desa (Dewi Sukamanah) dimana view keindahan pesona alam yang masih alami ini, terus dijaga kelestarianya dan memiliki legenda tersendiri menyimpan sejarah warisan dari nenek moyangnya,dan tentunya nikmat yang telah diberikan oleh sang pencipta yang maha segalanya Allah Swt.

Aten juga menerangkan bahwa view ini ada di garis lintang ketinggian 130 MDPL yang diantaranya sekarang mulai ditata yaitu :
1 .Embung air berupa kolam besar dengan kedalaman 2 meter dan lebar 30 meter persegi, yang lokasi nya persis di puser gunung, sungguh menajubkan yang bisa memanjakan setiap pengunjung ketempat ini.
2.Batu tumpang yang berukuran besar dan rupawan seakan mirip sosok jaman purbakala.
3.Air terjun atau Curug yang tinggi menjulang,jumlahnya ada tiga curug 4.wisata Relizi ( Ziarah ) makam Mbah Tapa yang menyimpan cerita unik.

Kades juga menyampaikan bahwa ” ini hanya ulasan singkat saja yang tercerita,kalau diunggah sejarah dan legendanya mungkin bisa diceritakan oleh juru kunci,beliau saksi hidup dan sekarang usianya sudah 97 tahun ” tandas Aten.

Harapan yang disampaikan Kades Sukamanah ” Mohon kepada pemkab Garut Cq.Disparbud dan Distan untuk bisa merealisasikan akses jalan dimaksud,(pembebasan lahan untuk jalan sudah disepakati oleh warganya)yang manpaatnya untuk menarik hasil usaha pertanian sekaligus akses menuju wisata desa tersebut dimaksud “,pungkasnya.

Penulis : **(Ndang.Supardin).
Sumber : Kades Sukamanah (Aten.Sulaeman).

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca