BerandaWisata desaArpica Ramen, Destinasi Wisata Baru yang Mengangkat Perekonomian Desa Cimareme

Arpica Ramen, Destinasi Wisata Baru yang Mengangkat Perekonomian Desa Cimareme

GARUT INTAN NEWS – Desa Cimareme, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, kini memiliki destinasi wisata baru yang menjanjikan pertumbuhan ekonomi daerah. Berlokasi di Jl. KH Madlani, tempat wisata ini mengusung konsep yang menggabungkan rekreasi air dengan pengalaman kuliner yang unik. Arpica Ramen, manajer tempat wisata ini, Veri, menjelaskan lebih jauh mengenai potensi dan pengembangan tempat wisata ini pada Selasa (14/05/2024).

Veri menyampaikan bahwa tujuan utama dari dibukanya tempat wisata ini adalah untuk memajukan daerah Cimareme, khususnya kampung Sindang Sari dan kampung Sindang Singkir serta sekitarnya. “Tujuannya pertama sih untuk memajukan daerah Cimareme khususnya kampung Sindang Sari dan kampung Sindang Singkir dan sekitarnya untuk memajukan perekonomian masyarakat,” ungkap Veri.

Pembukaan tempat wisata ini juga memberikan dampak positif pada lapangan pekerjaan bagi warga setempat. “Alhamdulillah saat ini karyawan sudah mencapai hampir 15 orang dan ini semua putra daerah,” tambahnya.

 

Dengan demikian, kehadiran Arpica Ramen turut membantu mengurangi angka pengangguran di desa tersebut.

Wisata Desa Cimareme buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB untuk kolam bermain, sementara cafe-nya buka hingga pukul 22.00 WIB. Pada akhir pekan, pengunjung juga dapat menikmati hiburan karaoke. Ini menambah daya tarik tempat wisata tersebut bagi masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang dari luar daerah.

 

Tidak hanya menyediakan fasilitas rekreasi, Arpica Ramen juga berencana untuk terus mengembangkan berbagai potensi wisata di Desa Cimareme. Veri menjelaskan, “Selain waterboom dan cafe, mungkin nanti ada wisata air juga dan ada wisata religi. Jadi bisa disambungkan dari wisata waterboom ke wisata sejarah karena di sini kebetulan ada situs sejarah Pasir Lulumpang dan mungkin ada Makam Pahlawan juga.”

Lebih lanjut, Veri menyatakan harapannya untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah desa setempat dalam mengembangkan potensi wisata di daerah tersebut. “Ke depannya bisa saling kerja sama antara pihak Arpica Ramen sama pihak desa setempat untuk lebih memajukan lagi potensi-potensi wisata di daerah Cimareme,” tambahnya.

Selama 15 hari beroperasi, tanggapan masyarakat terhadap tempat wisata ini sangat positif. Jumlah pengunjung yang datang setiap hari semakin bertambah, menunjukkan minat yang besar dari masyarakat terhadap destinasi wisata ini. “Alhamdulillah tanggapan masyarakat, jumlah pengunjung hari ke hari makin hari bertambah,” kata Veri.

Arpica Ramen menawarkan fasilitas yang lengkap bagi para pengunjung. “Untuk fasilitasnya di sini kumplit, mulai dari kolam renangnya, fasilitas utamanya, ada fasilitas penunjangnya. Mungkin ada penginapan, ada ruang meeting room, ada ruang karaoke keluarga juga. Semua kegiatan bisa satu titik di sini, misalkan acara kantor, sekolah, perpisahan, dan wisuda kita bisa di sini. Kebetulan ada gedung serbaguna beserta panggung, lengkap semuanya,” jelas Veri.

Dengan fasilitas yang lengkap tersebut, Arpica Ramen tidak hanya menjadi destinasi wisata, tetapi juga tempat yang cocok untuk mengadakan berbagai acara. Keberadaan gedung serbaguna dengan panggung memungkinkan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan, mulai dari acara kantor, sekolah, hingga perayaan perpisahan dan wisuda.

Veri juga menyoroti pentingnya dukungan dari masyarakat dan pemerintah setempat dalam mengembangkan wisata desa ini. “Ke depannya, kita sangat berharap bisa mendapat dukungan lebih dari masyarakat dan pemerintah setempat untuk mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada. Dengan demikian, kita bisa menciptakan destinasi wisata yang lebih menarik dan bermanfaat bagi perekonomian daerah,” tutup Veri.

Melihat antusiasme dan dukungan dari masyarakat, Arpica Ramen optimis bahwa tempat wisata ini akan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian Desa Cimareme. Dengan konsep yang terus diperbarui dan fasilitas yang lengkap, Arpica Ramen diharapkan bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Garut.

Ke depan, rencana pengembangan wisata air dan wisata religi diharapkan dapat menambah daya tarik dan memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung. Selain itu, kerja sama dengan pihak desa setempat diharapkan dapat mempercepat pengembangan potensi wisata lainnya yang ada di Desa Cimareme.

Dengan adanya tempat wisata ini, diharapkan tidak hanya perekonomian Desa Cimareme yang meningkat, tetapi juga kesejahteraan masyarakat setempat. Seperti yang diungkapkan Veri, “Harapannya adalah kita bisa terus maju bersama, memajukan daerah kita, dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitar.”

Arpica Ramen, dengan segala potensi dan rencana pengembangannya, menunjukkan bahwa kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan pengusaha lokal dapat menciptakan peluang yang besar untuk pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan terus menjaga semangat dan komitmen untuk memajukan desa, tempat wisata ini diharapkan dapat menjadi contoh sukses dari pengembangan wisata berbasis komunitas di Indonesia.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca