BerandaBabancongUpaya Dinas Pertanian Garut dalam Meningkatkan Produktivitas Petani

Upaya Dinas Pertanian Garut dalam Meningkatkan Produktivitas Petani

GARUT INTAN NEWS – Dalam upaya menjaga kesejahteraan petani dan meningkatkan produktivitas pertanian, Dinas Pertanian Garut terus mengimplementasikan strategi yang berfokus pada peningkatan kapasitas petani.

Menurut Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Ardhy Firdinan, strategi utama mereka adalah meningkatkan kapasitas petani melalui pelatihan dan bimbingan.

Upaya Dinas Pertanian Garut dalam Meningkatkan Produktivitas Petani
Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan

“Kegiatannya memang tidak terlalu banyak, tidak terlalu besar, disesuaikan dengan anggaran yang ada hanya memang di setiap komoditi yang menjadi fokus komoditi unggulan kita itu diupayakan ada kegiatan kegiatan tersebut” Jelas Ardhy.

Dalam upaya meningkatkan nilai tambah komoditi pertanian, Dinas Pertanian rutin melakukan pelatihan dan kunjungan lapangan oleh para penyuluh maupun unit pelaksana teknis.

“Intinya adalah bagaimana komoditi yang mereka usahakan itu bisa memberikan nilai tambah yang semaksimal mungkin bagi para pelaku usahanya,” tambah Ardhy.

Lebih lanjut, Ardhy menegaskan bahwa program “one day one farmer” menjadi salah satu inisiatif yang diwajibkan oleh Dinas Pertanian.

“Untuk petugas lapangan, kita wajibkan bertemu serta bertatap muka, berkomunikasi dengan para petani, minimal 1 hari bertemu dengan 1 petani,” ungkapnya.

Dengan pendekatan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, Dinas Pertanian berharap dapat mendorong petani dan kelompok tani untuk menjadi mandiri dalam mengelola usaha pertaniannya.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca