BerandaSabaDesaPotensi Desa Banyuresmi: Dari Tukang Cukur Asgar Hingga Pelaku UMKM 

Potensi Desa Banyuresmi: Dari Tukang Cukur Asgar Hingga Pelaku UMKM 

GARUT INTAN NEWS – Melimpahnya potensi yang dimiliki desa tentu menjadi Berkah tersendiri untuk penduduknya. Karena kemajuan ekonomi menjadi cita-cita bersama.

Menelusuri salah satu desa di Kabupaten Garut, tepatnya di Desa Banyuresmi, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Banyuresmi memiliki luas 1.666 meter persegi dengan terbagi kedalam 15 kelurahan atau desa.

Mendatangi Kepala Desa Banyuresmi, Ahmad Hidayat, ia bercerita jika banyaknya potensi yang dimiliki oleh desanya itu, mulai dari potensi alamnya hingga inovasi-inovasi masyarakatnya di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Salah satunya untuk desa wisata kita memiliki Situ Ranca Kukup yang saat ini masih belum terkelola dengan baik. Dan usaha lainnya ada di bidang pangkat sambut,” terang Ahmad ditemui pada Rabu (27/3/2024).

Jika sering mendengar profesi tukang cukur Asgar atau Asli Garut, salah satu potensinya berasal dari masyarakat Banyuresmi. Ya, kelihaian mereka dalam menata sambut memang telah diwariskan dari nenek moyang mereka.

“Dan untuk usaha yang lainnya, kebetulan Desa Banyuresmi sejarah dari dulunya adalah penghasilan dari pangkas rambut yang menyebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri,” katanya.

Dari penjelasan Kepala Desa Banyuresmi, warganya yang berpotensi sebagai tukang cukur telah melanglang buana mulai kota terdekat seperti Bandung, Jakarta, kota di luar provinsi Jawa Barat seperti Batam, Palembang, Sulawesi, termasuk di luar negeri seperti Malaysia dan Singapore.

Tak hanya itu kemajuan teknologi juga membuat inovasi masyarakat Desa Banyuresmi berkembang dengan menjadi pelaku UMKM makanan. Salah satu warganya bernama Imas, pemilik mochi Hisfa yang mengembangkan kudapan asal Negeri Sakura menjadi rasa khas tradisional. Mochi Hisfa ini diakui Ahmad menjadi salah satu UMKM yang membantu perekonomian warganya.

“Saya berterimakasih kepada bu Imas, dimana dengan produksi mochinya bisa mempekerjakan masyarakat Legok Peer, ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan, mendongkrak ekonomi khususnya di Kampung Legok Peer umumnya di Desa Banyuresmi,” tandasnya.

 

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca