BerandaIntanBizEksistensi Sandal Tarumpah Garut: Sugarindo Leather Good Hadirkan Kualitas Eksklusif 

Eksistensi Sandal Tarumpah Garut: Sugarindo Leather Good Hadirkan Kualitas Eksklusif 

GARUT INTAN NEWS – Kabupaten Garut dikenal dengan komoditas kulitnya yang baik. Berbagai jenis perlengkapan mulai dari jaket, sepatu, sandal, tas, hingga aksesoris yang terbuat dari bahan kulit hewan terutama sapi dan domba bisa dengan mudah ditemukan di Sukaregang, Garut.

GARUT INTAN NEWS kali ini mengunjungi Sugarindo Leather Good Sukarengan, UMKM binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ESDM) yang merupakan pengrajin kulit khususnya sandal tarumpah dari bahan kulit sapi.

Eksistensi sandal tarumpah memang tak lekang oleh zaman. Ada sejak zaman penjajahan, sandal ini menjadi simbol heroik dan aktualisasi seni para jawara nusantara saat melawan penjajah.

Sandal tarumpah memang dikenal dari Kota Santri Tasikmalaya, namun Kota Intan Garut pun memiliki hasil tangan sandal tarumpah yang dibuat oleh kulit khas Garut.

Opik Rachman Nur Taufiq, pemilik Sugarindo Leather Good, menerangkan bahwa ia ingin membuat sandal tarumpah hasil bumi Garut yang berkualitas.

“Kalau sandal tarumpah sehari paling jadi 2 sandal, karena pengerjaannya semua manual menggunakan tangan,” jelas Opik menerangkan proses pengerjaan sandal tarumpah yang dibuat langsung oleh tangan pengrajin.

Pengerjaan sandal tarumpah dikatakan cukup rumit karena semua prosesnya dilakukan handmade, mulai dari pola, pemasangan muka atau bagian atas sandal, karet sol, selang plastik, tali pengikat, alas sandal, gesper, hingga benang sol jahitan yang semuanya dilakukan oleh tangan pengrajin.

Satu pasang sandal tarumpah yang dijual Opik juga beragam. Untuk sandal tarumpah dengan kualitas biasa dijual dengam harga Rp130-150 ribu dan kualitas eksklusif dijual seharga Rp200-350 ribu.

“Ada dua spesifikasi yang biasa dan yang eksklusif,” ujar Opik.

Tak hanya sandal tarumpah, berbagai aksesoris laser cut juga menjadi unggulan di Sugarindo Leather Good, seperti dompet dan case id card. Sang pemilik pun menerangkan bahwa di tokonya bisa meng-custom berbagai tulisan untuk berbagai jenis pesanan.

Adapun sistem penjualan yang dilakukan Sugarindo Leather Good adalah dengan sistem offline store yang bisa ditemukan di Jl. Gagak Lumayung, Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut yang buka setiap hari hingga pukul 17.30 WIB. Serta bisa ditemukan secara online di berbagai e-commerce dan sosial media Sugarindo Leather Good.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca