BerandaPeristiwa25 Maret 2024 Akan Terjadi Gerhana Bulan Penumbra, Begini Kata BMKG

25 Maret 2024 Akan Terjadi Gerhana Bulan Penumbra, Begini Kata BMKG

GARUT INTAN NEWS – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa pada tanggal 25 Maret 2024 akan terjadi gerhana bulan penumbra.

Gerhana bulan merupakan fenomena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahayanya tidak semua sampai ke bulan. Sedangkan gerhana bulan penumbra terjadi ketika posisi matahari-bumi-bulan sejajar yang membuat bulan hanya masuk ke penumbra bumi saja.

Puncak dari gerhana penumbra ini bulan akan terlihat lebih redup dari bulan purnama. Adapun waktu terjadinya gerhana bulan penumbra ini akan berlangsung tanggal 25 Maret 2024 selama 4 jam 43 menit 39 detik.

Dari catatan BMKG, proses gerhana terjadi bersamaan dengan waktu terbit bulan. Di sebelah Timur garis miring, ada Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku akan dapat mengamati proses Gerhana Bulan dari sejak Bulan terbit hingga Gerhana berakhir (P4).

Adapun pengamat yang berada di sebelah Barat garis miring, yaitu Maluku Utara, sebagian Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera tidak akan mengamati seluruh fase gerhana karena Bulan masih di bawah horizon saat peristiwa itu terjadi.

Peta visibilitas gerhana bulan penumbra 25 Maret 2024 di dunia, seluruh proses gerhana dapat dilihat di sebagian besar Amerika dan Kanada. Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di sebagian kecil Asia, sebagian Australia, Selandia Baru, dan sebagian kecil Rusia.

Proses gerhana pada saat bulan terbenam dapat diamati di sebagian Eropa dan sebagian Afrika. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar Asia, sebagian Australia, sebagian besar Rusia, sebagian Afrika, dan sebagian Eropa.

Gerhana bulan penumbra 25 Maret 2024 ini merupakan anggota ke 64 dari 71 anggota pada seri Saros 113. Gerhana bulan ini sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulan penumbra 14 Maret 2006.

Adapun gerhana bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah gerhana bulan penumbra 5 April 2042, yang juga akan dapat diamati dari Indonesia.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca