BerandaSerba-SerbiGaungkan Gerakan Zero Waste, DLH Garut Ajak Lakukan Pungut Sampah

Gaungkan Gerakan Zero Waste, DLH Garut Ajak Lakukan Pungut Sampah

GARUT INTAN NEWS – Pemerintah Kabupaten Garut gotong royong lakukan Gerakan Zero Waste di Jalan Ibrahim Adjie Jumat pagi (2/2/2024) dalam rangka peringatan hari peduli sampah nasional 2024.

Gerakan Zero Waste merupakan bentuk sinergitas dengan program yang dicanangkan Pejabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin saat datang ke Kabupaten Garut.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Jujun Juansyah, ada 3 hal yang dipesankan Pj Bupati Garut kepada DLH, di antaranya adalah gerakan Zero Waste, penataan taman, dan kegiatan Kamis Jumat.

Bak gayung bersambut, kegiatan peringatan hari peduli sampah nasional ini pun sekaligus menjadi launching gerakan Garut Kamis Jumat bersih yang diuji coba di Jalan Ibrahim Adjie

“Kami coba di jalan Ibrahim Aji. Ini dibagi secara merata per 100 meter ya untuk semua SKPD dan Forkopimda serta unsur lainnya untuk melakukan gerakan pungut sampah,” kata Jujun Juansyah kepada awak media.

Jujun menambahkan bahwa kegiatan ini akan berkelanjutan dengan melibatkan komunitas, masyarakat, unsur kecamatan dan yang akan dilakukan diseluruh wilayah Kabupaten Garut.

Di tempat yang sama, Yudha Puja Turnawan menanggapi acara Zero Waste hari ini. Menurutnya permasalahan sampah plastik menjadi tanggung jawab bersama.

Ia berharap masalah sampah plastik dapat teratasi dan ia pun mendukung program DLH Kabupaten Garut dalam pelayanan manajemen pengangkutan persampahan TPST atau tempat pembuangan sampah terpadu.

“Tentu harapan kita di setiap kecamatan ada TPST tempat pengolahan sampah terpadu di mana konsep 3R terjadi yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle,” kata Yudha.

Sementara itu, Ketua Libas, Tedi Sutardi mengajak masyarakat untuk menjadikan kegiatan Kamis Jumat bersih sebagai budaya.

“Hal ini harus menjadi acuan budaya yang kemarin hilang gotong royong Jumat bersih setiap desa dan RW itu harus dibangun,” ujarnya.

 

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca