BerandaPolitikRektor Universitas Garut Ajak Generasi Z Sambut Pemilu: Jangan Golput, Pergunakan Hak...

Rektor Universitas Garut Ajak Generasi Z Sambut Pemilu: Jangan Golput, Pergunakan Hak Pilih dengan Bijak

GARUT INTAN NEWS – Dalam wawancara pada Senin (15/01/2024), Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng., IPU, Rektor Universitas Garut, menyoroti pentingnya partisipasi generasi Z dalam penyelenggaraan Pemilu yang akan dihelat pada 14 Februari mendatang.

Rektor Abdusy Syakur tidak hanya mengimbau untuk tidak golput, tetapi juga mendorong pemahaman akan hak suara sebagai pengaruh langsung dalam arah pembangunan bangsa dan negara.

“Kita fokus pada penyelenggaraan Pemilu yang akan dihelat pada 14 Februari nanti. Kita menghadapi fenomena yang unik bahwa sebagian besar pemilih adalah generasi Z. Mereka mayoritas dan rata-rata baru pertama kali memiliki kesempatan menjadi pemilih. Oleh karena itu, kita imbau untuk tidak golput,” ungkap Rektor Abdusy Syakur.

Rektor menyampaikan keprihatinannya terhadap tingkat partisipasi generasi Z yang mungkin belum optimal. Meskipun mayoritas merupakan pemilih baru, banyak di antara mereka yang belum menyadari betapa pentingnya penggunaan hak suara dalam menentukan arah kebijakan pembangunan.

“Dalam beberapa survei, tingkat partisipasinya dikhawatirkan tidak optimal. Sebagai pimpinan di perguruan tinggi, saya mengimbau untuk aktif menggunakan hak pilih dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Saya juga menghimbau anak-anak mahasiswa untuk mendaftarkan diri sebagai penyelenggara di TPS,” tambahnya.

Selain mengenai partisipasi pemilih, Rektor Abdusy Syakur juga menyoroti pentingnya penyelenggaraan Pemilu yang memiliki karakter berintegritas. Dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017, disebutkan bahwa Pemilu harus diselenggarakan dengan kegiatan yang memiliki karakter berintegritas.

Rektor memberikan peringatan agar semua pihak saling mengingatkan untuk menghindari kelalaian yang dapat merugikan proses demokrasi.

“Ada dua hal penting, yakni partisipasi pemilih dan penyelenggaraannya. Dalam undang-undang disebutkan bahwa Pemilu diselenggarakan dengan kegiatan yang memiliki karakter berintegritas. Kita harus saling mengingatkan agar tidak ada kelalaian yang dapat mengganggu proses Pemilu,” tegas Rektor Abdusy Syakur.

Rektor mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan mengingatkan agar Pemilu berjalan sesuai aturan. “Jangan Golput! Pergunakanlah hak pilih dengan cerdas serta penuh tanggung jawab, karena pilihanmu menentukan masa depan bangsa dan negara,” pungkas Rektor Abdusy Syakur, menegaskan pentingnya peran setiap pemilih dalam menjaga integritas proses demokrasi di tanah air.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca