BerandaIntanBizProgram Ketahanan Keluarga (Family Strengthening) YBM BRIliaN RO Bandung di Desa Mekarluyu...

Program Ketahanan Keluarga (Family Strengthening) YBM BRIliaN RO Bandung di Desa Mekarluyu Garut

GARUT INTAN NEWS – Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN Garut (Regional Office Bandung) terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, terutama dalam aspek ketahanan gizi. Kegiatan edukasi ketahanan keluarga menjadi fokus pada program Family Strengthening Sentra Bukit Lestari di Kp. Kostarea 1, Desa Mekarluyu, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, yang berlangsung pada Minggu, 14 Januari 2024.

Program Ketahanan Keluarga (Family Strengthening) YBM BRIliaN RO Bandung di Desa Mekarluyu Garut

Pada acara ini, Kang Eli Jumaeli atau akrab di panggil kang Ali, sebagai pendamping Program turut memberikan edukasi yang sangat bernilai. Kang Eli Jumaeli, dalam paparannya, mengungkapkan betapa pentingnya program Family Strengthening yang menjadi satu-satunya program di Jawa Barat.

Di hari tersebut, bertepatan dengan pelaksanaan program pembagian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang dilakukan, menyentuh 20 keluarga penerima manfaat. Keluarga-keluarga tersebut juga terlibat aktif dalam program cegah stunting di Desa Mekarluyu, dengan 40 anak penerima manfaat yang mendapatkan pemberian gizi tambahan.

Kang Eli Jumaeli menjelaskan bahwa dana yang disalurkan oleh YBM BRILiaN berasal dari zakat, dengan kriteria penerima program yang mencakup keluarga mustahik, keluarga utuh (suami, istri, dan anak yang sudah masuk sekolah), serta adanya kemauan dari seluruh anggota keluarga untuk hadir dalam pertemuan pekanan atau mengikuti program.

“Pertemuan pekanan melibatkan berbagai kelompok, termasuk pekanan ibu-ibu, pekanan bapak-bapak, serta pertemuan gabungan ibu dan bapak. Selain itu, ada pembinaan khusus untuk anak anggota keluarga,” ungkap Kang Eli Jumaeli.

Program Ketahanan Keluarga (Family Strengthening) YBM BRIliaN RO Bandung di Desa Mekarluyu Garut

Program Family Strengthening yang diterapkan oleh YBM BRILiaN menjangkau empat aspek penting dalam kehidupan keluarga, yaitu keagamaan, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Dalam aspek keagamaan, setiap pekan dilakukan pertemuan saling berbagi tentang keagamaan, khususnya dalam aspek keluarga.

“Pendidikan juga menjadi fokus kami, dengan memberikan beasiswa untuk anak peserta program. Selain itu, program pemerintah di bidang kesehatan juga kami dukung, dengan pelatihan edukasi gizi keluarga, serta pemberian makanan tambahan (PMT),” tambah Kang Eli Jumaeli.

Tak ketinggalan, program ekonomi yang menjadi inisiatif baru di tahun 2024 tengah digali potensinya untuk mendukung pengembangan ekonomi peserta program.

Selain Family Strengthening, YBM BRILiaN juga mengimplementasikan program “Gerobak Bermakna,” memberikan gerobak dan modal usaha kepada keluarga mustahik yang sudah berjualan atau memiliki usaha sebelumnya.

Program Ketahanan Keluarga (Family Strengthening) YBM BRIliaN RO Bandung di Desa Mekarluyu Garut

Salah satu penerima manfaat, Nuraeni, dari Kampung Pansor, Desa Mekarluyu, turut menyampaikan rasa terimakasihnya, “Terimakasih banyak kepada Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN melalui program Family Strengthening yang telah memberikan zakatnya kepada keluarga kami.”

Melalui kegiatan ini, YBM BRILiaN tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga meningkatkan pemahaman dan edukasi dalam rangka membangun ketahanan gizi dan kesejahteraan keluarga secara berkelanjutan.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca