BerandaPeristiwaWarga dan Wisatawan Keluhkan Kerusakan Jalan Menuju Wisata Alam Talaga Bodas

Warga dan Wisatawan Keluhkan Kerusakan Jalan Menuju Wisata Alam Talaga Bodas

GARUT INTAN NEWS – Talaga Bodas, yang terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, telah menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian banyak wisatawan lokal dan luar daerah. Namun, popularitas ini tidak sejalan dengan kondisi infrastruktur menuju lokasi tersebut, akses jalan yang rusak menjadi keluhan utama baik bagi penduduk setempat maupun wisatawan yang berkunjung.

Samsah Muslimin (23), seorang warga setempat mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi jalan yang buruk. “Jalan ini merupakan jalan utama, banyak warga masyarakat disini dan masyarakat luar, itu yang terjatuh atau tergelincir, karena kondisi jalan yang rusak,” ujar Samsah.

Kondisi Jalan Talaga Bodas Pasca Hujan

Ia menambahkan bahwa banyak lubang dalam di jalan tersebut, terutama saat musim hujan, yang membuat pengendara sulit membedakan antara jalan yang baik dan yang rusak sehingga sering terjadi kecelakaan.

Diketahui bahwa jalan tersebut sudah bertahun tahun belum di perbaiki oleh pemerintah setempat, “Yang saya tahu jalan ini belum diperbaiki sudah lama lah, sudah bertahun tahun” ujar Samsah.

Tidak hanya warga setempat yang merasakan dampaknya, para pengunjung Wisata alam Talaga Bodas juga mengeluhkan hal yang sama.

“Saya suka talaga bodas karena keindahan alamnya dan destinasi wisata favorit, tapi kadang males kalo mau ke talaga bodas karena jalannya yang rusak parah. Bahkan kami pernah sedikit tergelincir karena licin dengan tanah dan banyak bebatuan. Malah saat ini jalannya pada gede gede lubang yang rusak jadi kami kesulitan untuk berkendara” ungkap Dian Petrika, salah satu pengunjung Kawah Talaga Bodas

Kerusakan jalan ini juga berdampak pada jumlah pengunjung yang datang ke Talaga Bodas. Iin Solihin, petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Talaga Bodas saat diwawancarai pada Sabtu (13/04/2024), menyebutkan bahwa “Kalkulasi pengunjung setiap tahun menurun, karena mungkin jalannya yang rusak”.

Masyarakat dan wisatawan berharap pemerintah segera mengambil tindakan untuk memperbaiki akses jalan menuju Talaga Bodas.

“Harapan saya pemerintah bisa melek terhadap problem problem ini dan bisa diperbaiki secepatnya,” ujar Samsah penuh harap.

Dengan perbaikan jalan, diharapkan Talaga Bodas dapat kembali menarik lebih banyak pengunjung dan memberikan kenyamanan bagi warga setempat serta wisatawan.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca