BerandaBabancongKepala Dispusip  Garut Hadiri Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024 : Menata Ulang...

Kepala Dispusip  Garut Hadiri Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024 : Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi

GARUT INTAN NEWS – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, Totong menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024 di Jakarta.

Rakornas bidang perpustakaan tahun 2024 mengusung tema “Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi”, diselenggarakan secara hibrida pada 14-15 Mei 2024, dalam rangka mewujudkan sasaran strategis dan arah kebijakan prioritas
nasional pada program perpustakaan dan literasi yaitu peningkatan akses dan
kualitas perpustakaan berbasis inklusi sosial dan perpustakaan yang
terakreditasi serta mendukung proses perencanaan partisipatif.

Selain itu, Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan sebagai sarana sinkronisasi program dan kegiatan pengembangan perpustakaan antara pusat dan daerah.

Ada tiga isu utama penajaman program Perpustakaan Nasional yang akan dibawa dalam Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024 ini, yaitu penguatan
budaya baca dan literasi, pengarus-utamaan naskah nusantara serta
standardisasi dan pembinaan perpustakaan yang ditujukan dalam rangka
pemetaan perpustakaan sesuai standar nasional perpustakaan (SNP).

Perpustakaan dituntut untuk memiliki inovasi, kreatifitas, rancangan dan
interaktivitas, serta perubahan pola pikir sehingga memperkuat peran strategis
perpustakaan bagi peningkatan literasi di masyarakat.

Baca juga Parmadenda, Rekomendasi Perpustakaan Terbaik di Garut

“Hari ini dan besok, saya mengikuti Rakornas yang dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran,” ujar Totong saat dihubungi Garut Intan News, Rabu (15/5/2024)

Menurut Totong, dalam Rakornas ini adalah untuk memperoleh berbagai informasi tentang manajemen perpustakaan, terutama yang sedang trend pembangunan literasi di masyarakat serta menambah wawasan dan pengalaman praktik baik (best practice) dari berbagai daerah sebagai ihtiar untuk meningkatkan literasi di masyarakat juga mendapatkan informasi kebijakan dari berbagai narasumber berkenaan tentang manajemen perpustakaan khususnya pada aspek pembangunan literasi di masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan menghadiri Rakornas ini, ada yang bisa dipraktikan di Kabupaten Garut dalam rangka meningkatakan literasi masyarakat, sehingga terwujudnya masyarakat yang pintar, cerdas dan benar,” pungkasnya.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca