BerandaBudayaPelestarian Tanaman Langka Kawista Di Rumah Budaya Cikelet, Oos Supiyadin : Selanjutnya...

Pelestarian Tanaman Langka Kawista Di Rumah Budaya Cikelet, Oos Supiyadin : Selanjutnya Kita Tanam Samida

GARUT INTAN NEWS – Rumah Budaya Cikelet yang berada di Kampung Cisendeuhan merupakan tempat yang menyajikan kegiatan berbasis budaya, terutama menggali potensi budaya setempat dan mengembangkannya.

Selain itu, Rumah Budaya Cikelet pun fokus dalam melestarikan tanaman-tanaman langka yang memiliki makna sejarah, salah satunya pohon Kawista.

Kawista atau dalam bahasa latin Limonia acidissima adalah tanama kerabat dekat atau satu golongan dengan pohon Maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae).

Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai mengembangkannya. Kawista relatif tahan kondisi buruk (kering atau tanah salin) dan tahan penyakit. Asalnya adalah dari India Selatan hingga ke Asia Tenggara dan Jawa.

Pohon Kawista yang ditanam dan dibudidayakan di Rumah Budaya Cikelet kini telah berbuah. Penanaman Kawista merupakan gerakan pelestarian tanaman langka dan bermakna sejarah oleh Rumah Budaya Cikelet Garut Selatan.

Aktifis Paguyuban Samida Pakuan, Oos Supiyadin menyambut baik gerakan pelestarian pohon langka di komplek Rumah Budaya Cikelet.

“Rencananya kami pun akan menanam Pohon Samida di Rumah Budaya Cikelet sebagai apresiasi atas Prabu Siliwangi pada 500 tahun yang lalu di Pakuan Pajajaran (Bogor),” ujarnya.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca