BerandaWisataAnimo Masyarakat Berwisata ke Situ Bagendit Pasca Lebaran 2024 Mengalami Peningkatan Signifikan

Animo Masyarakat Berwisata ke Situ Bagendit Pasca Lebaran 2024 Mengalami Peningkatan Signifikan

GARUT INTAN NEWS – Tingginya pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Garut.

Salah satu kawasan wisata yang menerima dampak positif ialah Situ Bagendit, dimana para pelaku usaha juga desa wisata mendorong peningkatan ekonomi dan terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja.

Kawasan Situ Bagendit menjadi tempat wisata favorit warga Garut pada liburan Idul Fitri 1445 H, hal ini diketahui dengan adanya lonjakan pengunjung yang terjadi pada hari kedua libur lebaran. Selain dipadati oleh wisatawan lokal, Situ Bagendit turut diminati wisatawan yang berasal dari luar kota.

Peningkatan pergerakan masyarakat untuk berwisata di momen Lebaran 2024 juga ditopang oleh sejumlah faktor lainnya, yakni libur cuti bersama yang lebih panjang dibandingkan tahun 2023 serta kebijakan izin pengambilan cuti tahunan bagi ASN untuk libur lebaran 2024.

Kendanti setelah beberapa hari libur terdapat penurunan jumlah pengunjung, Situ Bagendit kembali ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Hal ini tentunya menguntungkan bagi para pelaku usaha yang dibina oleh pihak pengelola Situ Bagendit dengan adanya lonjakan wisatawan ini.

“Pembinaan tersebut merupakan upaya untuk mengedukasi pedagang untuk tidak memanfaatkan situasi dengan menaikkan harga berkali lipat juga tetap melayani pembeli dengan baik,” ungkap Wawan Kulnaedin, Kepala Pelaksana Unit (UPT) Situ Bagendit.

Rapat koordinasi terkait pembinaan dilakukan dengan Koor BABINSAT Banyuresmi agar kunjungan semasa libur Idul Fitri bisa diantisipasi sehingga tidak terjadinya kemacetan yang kurang terkendali.

Kendala yang sering dihadapi pengelola, adanya sampah yang kerap kali ditinggalkan beberapa pengunjung yang tidak bertanggungjawab, padahal fasilitas untuk sampah sudah disediakan sedemikian rupa agar pengunjung tertib membuang sampah. Demikian juga dengan kebersihan di toilet yang menjadi akomodasi penting, kesadaran pengunjung masih dinilai renah.

“Keamanan, ketertiban, dan kenyamanan Situ Bagendit merupakan kewajiban bersama dan dapat terjaga dengan baik dengan kerja sama seluruh pihak,” pungkasnya.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca