BerandaSabaDesaPembangunan Desa 2024, DPMD Garut Gelar Bimtek RPJMDesa

Pembangunan Desa 2024, DPMD Garut Gelar Bimtek RPJMDesa

GARUT INTAN NEWS – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) guna memberikan persepsi serentak terkait pembangunan desa di tahun 2024.

Dari keterangan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Jabatan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat, Rika Kartika menjelaskan bahwa acara bimtek yang digelar pada Kamis (7/3/2024) merupakan bentuk binaan terkait perencanaan dan pembangunan setiap desa di Kabupaten Garut.

Kegiatan bimtek yang digelar di aula DPMD Garut itu dihadiri oleh tiga desa per kecamatan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang sama.

“Untuk memberikan pemahaman atau knowlage atau pengetahuannya kepada pemerintah desa, khususnya kepada yang sesuai fungsinya di pemerintah desa yaitu KUD perencanaan,” kata Rika usai kegiatan Kamis sore.

Perencanaan yang dimaksudkan, tambah Rika, masuk ke dalam APBDes sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 255 tentang tugas pokok dan fungsi DPMD terkait pembinaan administrasi pemerintah desa serta melaksanakan monitoring pembangunan desa.

“Karena perencanaan-perencanaan itu nanti kedepannya juga kita harus membina tata kelola pemerintahan yang baik itu seperti apa untuk pemerintah desa,” tambahnya.

Implementasi yang dilakukan adalah terkait pembenahan tata kelola pemerintah desa sesuai dengan Permendagri Nomor 114 tahun 2014 terkait pedoman perencanaan pembangunan desa.

“Sesuai dengan Permendagri 114 tahun 2014 terkait pedoman perencanaan pembangunan di desa, jadi pemahaman implementasi nanti di lapangan apakah sesuai dengan regulasi atau tidak,” kata Rika.

Lebih lanjut Rika menjelaskan perencanaan pembangunan dilakukan dengan metode SKB, yaitu Sketsa potensi desa yang harus digali, Kalender musiman untuk menentukan pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pembangunan RPJMD, dan Bagan kelembagaan yang terlibat dalam pembangunan desa.

 

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca