BerandaPeristiwaBanjir Bandang di Cibojong, Garut: 7 Rumah Terendam, Warga Terdampak 29 Jiwa

Banjir Bandang di Cibojong, Garut: 7 Rumah Terendam, Warga Terdampak 29 Jiwa

GARUT INTAN NEWS – Pada Rabu, 21 Februari 2024, sekitar pukul 14.00 WIB, warga di Kp. Cibojong RT 003 RW 004, Desa Bawangi, Kecamatan Cisurupan, digegerkan oleh kejadian banjir bandang. Peristiwa ini menyebabkan tujuh unit rumah terendam sebagian halaman, teras, dan ruangannya dengan ketinggian air mencapai 10-80 cm. Kejadian ini diakibatkan oleh tersumbatnya saluran air di wilayah tersebut.

Dian Hadiana, yang didampingi Yadi Mulyadi dari Tagana Cikajang, menyampaikan bahwa akibat dari banjir bandang ini, sejumlah warga terdampak, mencakup 10 kepala keluarga (KK) dengan total 29 jiwa. Beberapa di antaranya adalah Eutik Komarudin (3 KK, 10 Jiwa), Hj. Imas (1 KK, 3 Jiwa), Supriatna (1 KK, 2 Jiwa), Sujana (1 KK, 5 Jiwa), Hj. Iis (2 KK, 5 Jiwa), Ikin Tukimin (1 KK, 2 Jiwa), dan Nur Sintadewi (1 KK, 2 Jiwa).

Banjir Bandang di Cibojong, Garut: 7 Rumah Terendam, Warga Terdampak 29 Jiwa
Banjir Bandang di Cibojong, Garut: 7 Rumah Terendam, Warga Terdampak 29 Jiwa

Upaya penanganan sudah dilakukan, seperti koordinasi dengan Pemdes Desa Balewangi, melakukan asessment ke lokasi kejadian, menghimbau warga untuk tetap waspada, dan berkoordinasi dengan dinas sosial guna mendapatkan bantuan tanggap darurat atau bantuan logistik melalui gotong royong.

Dalam konteks penanganan yang bersifat mendesak, normalisasi saluran air dan sungai, seperti Cileet dan Cibojong, harus dilaksanakan. Unsur yang terlibat dalam penanggulangan bencana melibatkan Pemerintah Desa Balewangi, Kasi Trantib Kec. Cisurupan, Polsek Cisurupan, PKM Cisurupan, UPT Damkar Cikajang, Tagana, BPBD Kabupaten Garut, serta peran aktif RT/RW dan warga setempat.

Dian menekankan bahwa, dalam kejadian ini, tidak terdapat korban jiwa ataupun luka-luka. Upaya tanggap darurat dan gotong royong masyarakat menjadi fokus dalam menanggulangi dampak banjir bandang ini.

*wahyu

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca