BerandaPolitikKPU Garut Gelar ToT Fasilitator PPK dan PPS untuk Bimbingan Teknis KPPS...

KPU Garut Gelar ToT Fasilitator PPK dan PPS untuk Bimbingan Teknis KPPS dalam Persiapan Pemilu 2024

GARUT INTAN NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menggelar Training of Trainer (ToT) Fasilitator Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Bimbingan Teknis untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) guna menghadapi Pemilu 2024. Acara ini berlangsung selama dua hari dan dilaksakan 2 gelombang, pada 22-23 Januari 2024, di Hotel Santika Garut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Junaidin Basri S.Ag., M.Pd, mengungkapkan bahwa ToT ini merupakan bagian dari persiapan serius untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan baik dan berkualitas. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk penguatanĀ  dan peningkatan serta skill dari masing-masing ketua dan anggota PPK juga ketua dan anggota PPS sehingga mereka bisa menjadi fasilitator untuk melatih rekan-rekan kita di KPPS. Kami ingin memastikan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu memiliki pemahaman dan keterampilan yang diperlukan,” kata Ketua KPU.

Acara ini diikuti oleh para fasilitator yang nantinya akan bertanggung jawab dalam memberikan bimbingan teknis kepada PPK dan PPS. Materi yang diberikan meliputi prosedur dan tata cara pengelolaan surat suara, tata cara penghitungan suara, dan penanganan situasi darurat selama pemungutan suara.

KPU Garut juga mengumumkan akan segera menyelenggarakan pelantikan anggota KPPS se-kabupaten Garut.

“nanti tanggal 25, akan menyelenggarakan pelantikan anggota kpps se-kabupaten Garut bersamaan dengan agenda penanaman pohon dimana setiap TPS diwajibkan menanam satu pohon, kita menginginkan semangat penghijauan saat pelantikan,” ungkapnya.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan pemahaman mendalam tentang kode etik dan norma yang harus diterapkan dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu. “Kami ingin menjadikan pemilu ini sebagai contoh keberhasilan dalam penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan transparan,” tambah Ketua KPU.

Pada akhir acara, dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif antara peserta dan pemateri. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap peserta benar-benar memahami materi yang telah disampaikan dan dapat mengaplikasikannya dengan baik nantinya.

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas kelancaran dan keberhasilan Pemilu 2024 di Kabupaten Garut, KPU Kabupaten Garut berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas seluruh penyelenggara pemilu. Dengan demikian, diharapkan proses pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat mencerminkan kehendak rakyat secara adil dan transparan.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca