BerandaSerba-SerbiKPU Garut Gelar Simulasi Real Pemilihan Suara untuk Memastikan Kelancaran Pemilu 2024

KPU Garut Gelar Simulasi Real Pemilihan Suara untuk Memastikan Kelancaran Pemilu 2024

GARUT INTAN NEWS – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut, Junaidin Basri S.Ag., M.Pd., mengumumkan bahwa pihaknya berencana menggelar simulasi real pemilihan suara pada tanggal 17 Januari 2024. Simulasi ini akan dilaksanakan di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di perumahan Pepabri Jati Indah, Jl. Suherman, RT.002/RW.007, Jati, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Dalam wawancara di Kantor KPU Kabupaten Garut pada Senin (15/01/2024), Junaidin Basri menjelaskan bahwa peserta simulasi ini akan melibatkan para pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS setempat.

“KPPS yang bertugas juga merupakan KPPS yang sudah lulus seleksi. Kami juga melibatkan penyelenggara lainnya, seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan tokoh masyarakat yang akan diundang. Ini merupakan simulasi nyata,” kata Junaidin.

Simulasi ini bertujuan untuk memastikan kelancaran proses pemilihan, memahami cara kerja KPPS, mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menghitung suara, menggunakan aplikasi Sirekap, serta memberikan pelayanan yang baik kepada pemilih.

Selain itu, simulasi juga akan mencakup pelayanan khusus untuk kelompok rentan seperti ibu hamil atau menyusui, lansia, dan pemilih disabilitas.

“Dengan simulasi ini, kita ingin menguji antara teori dengan kenyataan sebelum pelaksanaan resmi pada 14 Februari nanti. Oleh karena itu, kita akan lakukan simulasi pemilihan suara di TPS langsung. Surat suara yang digunakan adalah surat suara spesimen sesuai dengan ketentuan yang telah diatur, yaitu terdapat 5 jenis surat suara,” ungkap Junaidin.

Simulasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kesiapan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Garut. Dengan melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk pemilih dari berbagai kalangan, diharapkan setiap tahapan pemilihan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca