BerandaLingkunganBakti Pemuda Foundation dan Sahabat Kebaikan Menebar Kebaikan di Idul Adha 1445H...

Bakti Pemuda Foundation dan Sahabat Kebaikan Menebar Kebaikan di Idul Adha 1445H di Garut

GARUT INTAN NEWS – Bakti Pemuda Foundation bersama Sahabat Kebaikan kembali menebar kebaikan pada momen Idul Adha 1445H dengan menyalurkan “QIBAS” (Qurban Ikhlas dan Bakti Sosial) di Kampung Tegalbiuk RW. 10 Desa Sindangsari, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut. Acara yang berlangsung pada Rabu hingga Kamis, 19-20 Juni 2024 ini, melibatkan penyaluran hewan qurban, sembako dan santunan untuk anak-anak dikampung ini.

 

Alimah, perwakilan dari Bakti Pemuda Foundation, menjelaskan tujuan dan cakupan dari program QIBAS ini. “Kami menyalurkan hewan qurban dari Sahabat Kebaikan atau yang kami sebut sebagai donatur kami, untuk wilayah Garut. Tak hanya di Garut saja, program ini juga diselenggarakan di beberapa daerah lainnya di Indonesia seperti Tangsel, Bogor, Purwakarta, Tasikmalaya, Malang, Lombok, Manggarai-NTT dan Wajo-Sulawesi,” ujarnya.

Di Garut, hewan qurban yang disalurkan terdiri dari satu ekor sapi dan 25 ekor kambing, yang didistribusikan untuk dua RW dengan jumlah penerima manfaat sekitar 400 keluarga. “Daerah ini pernah kita bantu pada tahun 2021. Saat itu, kami membangun mushola yang awalnya sangat kecil dan terbuat dari bilik bambu yang sudah usang hampir rubuh. Masyarakatnya juga tidak punya akses air, listrik dan jalan yang memadai. Alhamdulillah, setelah kami membantu membangun Mushola Al Ikhlas, pemerintah dan masyarakat setempat juga turut membangun jalan dan menyediakan listrik. Sekarang musholanya sudah lebih kokoh,” kenang Alimah.

Alimah juga menjelaskan alasan pemilihan Kampung Tegalbiuk sebagai lokasi program QIBAS. “Setelah kami silaturahmi kembali sejak 2021, kami mengetahui bahwa kampung ini belum pernah melaksanakan qurban sebelumnya. Kalaupun ada qurban, biasanya dari kampung sebelah yang berada di atas. Bahkan, tahun ini di kampung bagian bawah tidak ada qurban sama sekali. Jadi, ketika kami informasikan akan membawa 25 ekor kambing dan satu sapi. Warga sangat terkejut dan tidak percaya karena mereka mengira hanya 2 ekor kambing saja,” jelasnya.

Selain menyalurkan hewan qurban, Bakti Pemuda Foundation juga memberikan bantuan berupa sembako dan santunan untuk anak-anak di kampung ini. “Kami menyediakan sembako untuk sekitar 160 keluarga dan memberikan santunan kepada 20 anak-anak di kampung Tegalbiuk. Kegiatan sosial kami memang rutin dilakukan setiap bulan, termasuk berbagi santunan yatim, Alquran, dan makanan setiap pekan. Kami juga memberikan Beasiswa Cerdas pendidikan dan insya Allah berencana membangun mushola lagi di daerah Garut,” tambah Alima.

 

Karomudzaman, Ketua RW 10 Desa Sindangsari, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bakti Pemuda Foundation atas bantuan yang telah diberikan. “Kami sangat berterima kasih kepada Bakti Pemuda Foundation atas begitu banyak bantuan yang diberikan kepada masyarakat di sini. Bantuan ini sangat tepat sasaran karena memang warganya membutuhkan dan jarang ada yang berqurban. Ini juga menjadi syiar Islam dalam bentuk qurban,” ucap Karomudzaman.

Program QIBAS tidak hanya memberikan manfaat material bagi warga tetapi juga membawa pesan moral dan religius yang kuat. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian sosial dan semangat gotong royong di tengah masyarakat, serta memperkuat nilai-nilai keislaman melalui pelaksanaan qurban.

“Bakti Pemuda Foundation selalu berupaya untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan dan pendidikan. Program ini adalah bagian dari upaya kami untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang membutuhkan perhatian lebih,” kata Alimah menutup sambutannya.

Dengan berbagai program yang dijalankan, Bakti Pemuda Foundation bersama Sahabat Kebaikan berharap dapat terus menebar kebaikan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia. Melalui kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan program-program seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

**#BaktiPemuda #BaktiPemudaFoundation #LUASKANMANFAAT #QIBAS #MenebarKebaikan #SahabatKebaikan**

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca