BerandaSabaDesaPerkuat Sinergi, DPD Apdesi Jawa Barat Gelar Silaturahmi Antar Kepala Desa dari...

Perkuat Sinergi, DPD Apdesi Jawa Barat Gelar Silaturahmi Antar Kepala Desa dari 19 Kabupaten/Kota di Garut

GARUT INTAN NEWS – Silaturahmi Akbar Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (DPD Apdesi) Jawa Barat telah digelar dengan tema “Membangun Loyalitas, Sinergitas, dan Integritas Dalam Penguatan Keorganisasian Apdesi”. Acara berlangsung di Desa Wisata Saung Ciburial Garut, Sukalaksana, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Rabu, 8 Mei 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Asep Anwar Sadat selaku Ketua Umum Apdesi, H. Dedi Mulyadi selaku Penasihat Dewan Apdesi, H. Budi Santoso selaku Sekretaris Umum (Sekum) Apdesi Jawa Barat, H. Dede Kusdinar selaku Ketua Apdesi Jawa Barat, Haerul Tamam selaku Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Barat Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, serta ratusan pengurus Apdesi di 19 kabupaten di Jawa Barat.

Dalam sambutannya, H. Budi Santoso, Sekum Apdesi Jawa Barat, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kepala desa dan masyarakat di Kabupaten Garut atas dukungan mereka. “Harapan kami mudah-mudahan kebijakan pemerintah akan berpaku pada pemerintah desa yang ada di Jawa Barat,” ujarnya.

Haerul Tamam, Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Barat Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, mengungkapkan langkah konkret yang akan diambil untuk mengembangkan desa dari sisi ekonomi. “Kami telah bersepakat untuk mengikat suatu MOU kesepakatan kerja sama dengan Apdesi untuk mengembangkan desa. Ada tiga hal yang akan kita lakukan, yaitu bimbingan teknis (bimtek) untuk para kepala desa, temu bisnis untuk mempertemukan antara pemerintahan desa dengan para investor, dan pemasaran produk desa,” jelasnya.

Asep Anwar Sadat, Ketua Umum Apdesi, menekankan pentingnya Apdesi sebagai wadah yang berdaulat, memiliki integritas, dan dapat berdiri sendiri. “Kita sebagai kepala desa adalah pemegang saham terbesar di Apdesi yang harus bisa menunjukkan jati diri Apdesi bahwa Apdesi adalah milik kita bersama, khususnya di Jawa Barat,” katanya.

H. Dede Kusdinar, Ketua Apdesi Jawa Barat, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari rekan-rekan Apdesi Jawa Barat dan para kepala desa yang telah mendukungnya dalam pemilu legislatif. “Mudah-mudahan kedepannya parlemen Garut dikuasai oleh mantan-mantan kepala desa,” harapnya.

Terakhir, Penasihat Dewan Apdesi H. Dedi Mulyadi menekankan pentingnya pembangunan desa yang sejahtera dan berkelanjutan. “Kunci pembangunan desa adalah tata ruang yang baik. Kepala desa harus mampu menahan tata ruang dan tidak tergiur dengan pembebasan tanah yang dapat mengganggu perputaran ekonomi di desa,” tuturnya.

Dengan sinergi antara Apdesi Jawa Barat dan Kadin Jawa Barat, diharapkan pembangunan desa di Jawa Barat dapat berjalan lebih baik dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat desa secara luas.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca