BerandaHumanioraGebyar Donor Darah di Garut Sukses Gaet Antusiasme Masyarakat

Gebyar Donor Darah di Garut Sukses Gaet Antusiasme Masyarakat

GARUT INTAN NEWS – Gebyar Donor Darah yang diselenggarakan di Pendopo pada Rabu (22/5/2024) berlangsung dengan sukses dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Kegiatan ini melibatkan berbagai unsur, termasuk TNI, Polri, Kartika Chandra, Bhayangkara, serta para donatur yang berkontribusi memberikan bingkisan untuk para peserta donor darah.

Ketua PMI Garut, dr. Helmi Budiman, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini. “Kami berterima kasih kepada penggerak PKK Kabupaten dan juga semua unsur yang terlibat, termasuk TNI, Polri, Kartika Chandra, Bhayangkara, dan para donatur. Alhamdulillah, antusiasme masyarakat untuk mendonorkan darahnya sangat tinggi,” ujar dr. Helmi.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari peringatan Hari Penggerak PKK yang ke-52 serta sebagai penghormatan kepada seluruh stakeholder yang telah berkontribusi dalam program donor darah selama ini. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk kemanusiaan, karena banyak dari masyarakat kita yang membutuhkan darah. Selain itu, donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan pendonor,” tambah dr. Helmi.

Dr. Helmi menjelaskan bahwa target darah yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah 800 kantong darah. “Targetnya 800 kantong darah. Alhamdulillah, stok darah aman meskipun kadang ada kekurangan karena golongan darah yang sulit diprediksi. Misalnya, kadang kita banyak membutuhkan golongan darah A atau lainnya, sehingga sering meminta donor pengganti,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa kebutuhan darah di Kabupaten Garut selama ini dapat terpenuhi berkat kontribusi dari masyarakat Garut sendiri. “Alhamdulillah, kebutuhan darah di Kabupaten Garut bisa terpenuhi dari masyarakat Garut sendiri. Kita juga terus melakukan evaluasi dan mencoba melakukan kegiatan donor darah di berbagai tempat, termasuk di perumahan-perumahan yang lebih kecil dan dekat dari sisi jarak,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan darah, PMI Garut menargetkan pengumpulan sekitar 2.500 kantong darah setiap bulan atau sekitar 30 ribu kantong darah dalam setahun. “Satu bulan itu kurang lebih 2.500 kantong darah, jadi sekitar satu tahun itu 30 ribu kantong darah. Jika stok darah kurang, kita bisa bekerja sama dengan PMI terdekat untuk saling membantu,” tutur dr. Helmi.

Meskipun ada penurunan jumlah pendonor selama bulan Ramadhan, PMI Garut melakukan antisipasi dengan meningkatkan jumlah donor sebelum bulan Ramadhan. “Biasanya selama Ramadhan jumlah pendonor berkurang, jadi sebelum Ramadhan kita upayakan untuk menaikkan jumlah donor darah,” imbuhnya.

Kegiatan Gebyar Donor Darah ini merupakan salah satu upaya PMI Garut untuk memastikan pemenuhan stok darah yang diperlukan oleh masyarakat Kabupaten Garut, terutama menjelang Pilkada yang akan datang. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kebutuhan darah di Garut dapat terus terpenuhi dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca