BerandaPolitikBawaslu Garut Lantik 126 Anggota Panwascam Untuk Pilkada 2024

Bawaslu Garut Lantik 126 Anggota Panwascam Untuk Pilkada 2024

GARUT INTAN NEWS – Sebanyak 126 anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) dilantik dan dibekali untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pelantikan ini mencakup seluruh 42 kecamatan di Kabupaten Garut, Jumat (24/05/2024).

Proses seleksi anggota Panwascam ini dilakukan melalui dua metode, yaitu evaluasi terhadap Panwascam Pemilu 2024 dan rekrutmen baru.

“Jumlah yang dilantik hari ini dari 42 kecamatan, sejumlah 126 orang. Prosesnya karena ini yang dilantik itu kan dihasilkan dari 2 metode ya yang pertama hasil evaluasi yang artinya hasil evaluasi itu adalah Panwascam Pemilu 2024 itu dievaluasi sehingga ada 2 kategori yang pertama MS yang kedua TMS yang MS itu ada sekitar 71 orang kemudian yang TMS 55 orang.” ujar Ahmad Nurul Syahid, Ketua Bawaslu Kabupaten Garut.

Untuk mengisi kekosongan 55 orang Panwascam, Bawaslu Garut melakukan rekrutmen tambahan di beberapa kecamatan, memastikan bahwa setiap wilayah memiliki pengawas yang memenuhi syarat dan siap melaksanakan tugas pengawasan Pilkada 2024.

“Kemudian untuk mengisi kekosongan yang 51 orang, makanya kita membuka rekrutmen di beberapa kecamatan dengan jumlah 55 orang. Nah akhirnya hasilnya yang hari ini dilantik,” tambahnya.

Para anggota Panwascam yang dilantik akan segera melaksanakan tugas mereka, dimulai dengan rekrutmen Panwaslu Kelurahan atau Desa (PKD). Selain itu, mereka juga akan mempersiapkan kesekretariatan dan tahapan pendataan pemilih.

Ahmad juga menekankan pentingnya pembekalan yang diberikan kepada para anggota Panwascam, yang meliputi peningkatan wawasan tentang pengawasan, soliditas, dan integritas dalam menghadapi tahapan Pilkada.

“Akan ada pembekalan, pembekalan itu pertama terhadap wawasan tentang pengawasan, kemudian tingkat soliditas dan integritas dari setiap personal pengawas dalam rangka tahapan Pilkada itu,” ungkapnya.

Dalam menjalankan tugasnya, Panwascam memiliki wewenang yang sama dengan Bawaslu, yaitu mengawasi semua tahapan Pilkada. Ahmad berpesan kepada seluruh anggota yang baru dilantik untuk selalu menjaga integritas dan meningkatkan kualitas dalam memahami regulasi yang ada.

“Pesannya untuk teman-teman panwascam yang hari ini dilantik, selalu jaga integritas dan tingkatkan kualitas untuk memahami regulasi yang ada sehingga dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya nanti tidak keluar dari regulasi,” tegasnya.

Dengan dilantiknya 126 anggota Panwascam ini, diharapkan pengawasan terhadap Pilkada 2024 di Kabupaten Garut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca