BerandaJajagarBubur Ayam Iyan, Menu Sarapan Pagi Warga Garut Kota yang Melegenda

Bubur Ayam Iyan, Menu Sarapan Pagi Warga Garut Kota yang Melegenda

GARUT INTAN NEWS – Warga Garut Kota dan sekitarnya tentu sudah tak asing dengan Bubur Ayam Iyan Legend. Pasalnya, nama Bubur Ayam Iyan Legend dikenal melegenda dan telah menjadi menu sarapan favorit bagi banyak sebagian masyarakat Garut.

Mang Ali biasa pelanggan memanggil, selaku pemilik, mengatakan bahwa Bubur Ayam Iyan legend sudah berjualan kurang lebih selama 54 tahun.

“Saya meneruskan usaha kuliner milik mertua dan saya sendiri mulai berjualan dari tahun 2000,” Ujar Mang Ali kepada Garut Intan News, Rabu (24/4/2024).

Menurut Mang Ali, mertuanya berjualan bubur ayam sejak tahun 70 an, dirinya sebagai generasi kedua hanya meneriskan.

“Pemberian nama Bubur Ayam Iyan sendiri lantaran Iyan adalah nama mertua sekaligus penjual pertama,” terangnya.

Bubur Ayam Iyan seakan tak pernah kehilanggan pelanggan walau sudah 54 tahun berjualan . Hampir setiap pagi, Bubur Ayam iyan ini selalau ramai diserbu para pembeli.

Bahkan, tak jarang Bubur Ayam iyan ini ludes terjual dalam waktu kurang 4 jam saja.

“Mulai buka biasanya jam pagi 6 pagi kalau tutup paling telat ya jam10, paling cepat ya kadang jam 8 sudah abis,” katanya.

Soal rasa memang tak perlu diragukan lagi, tentunya nikmat dan bikin ketagihan. Maka tak salah warga Garut Kota ataupun yang sedang berwisata ke Garut selalu memburu Bubur Ayam Iyan Legend.

Terlebih lagi, racikan Bubur Ayam Iyan memiliki citarasa tersendiri, warisan sudah turun temurun sejak dahulu kala.

Hal menarik lainnya, Bubur Ayam Iyan memiliki ciri khas tersendiri dalam penyajiannya.

Bubur ayam iyan menyajikan kerupuk tepat di atas bubur, seteah itu barulah diberi topping berupa telur, daging ayam dan ati ampela.

Jadi ketika disajikan, kerupuk sudah tercampur secara merata dengan bubur.

Bubur Ayam Iyan juga tidak menggunakan kuah kuning seperti bubur ayam pada umumnya. Kendati demikian, bubur yang disajikan ternyata sudah memiliki rasa gurih dan asin yang benar-benar nikmat.

Untuk urusan harga, seporsi Bubur Ayam Iyan dibanderol mulai harga Rp 10 ribu rupiah untuk bubur ayam original, Rp 14 ribu lengkap dan Rp. 18 ribu ati ampela plus usus.

Wajar dan pantas jika Bubur Iyan yang berada di Jalan Cimanuk depan Yosan, Paminggir ini banyak peminatnya.

Bubur Ayam Iyan buka mulai pukul 06- 10.00 WIB. Berminat untuk mencoba  ?

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca