BerandaPeristiwaBerduka, Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP Meninggal Dunia pada Usia 97...

Berduka, Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP Meninggal Dunia pada Usia 97 Tahun

Garut Intan News – Kabar duka menyelimuti Jawa Barat dengan meninggalnya salah satu tokoh terkemuka, mantan Gubernur Jawa Barat, Solihin Gautama Purwanegara (GP), pada usia 97 tahun. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla, mengumumkan berita tersebut melalui postingan di akun Instagramnya pada Selasa (5/3/2024).

Dalam unggahannya, Jusuf Kalla menyampaikan belasungkawa, “Semoga almarhum Bapak Solihin GP, husnul khotimah. Al Fatihah.” Sementara itu, ucapan turut berduka juga disampaikan melalui postingan media sosial oleh pihak keluarga Solihin GP.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berduka cita sedalam dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Solihin GP. Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Al Fatihah,” tulis Jusuf Kalla, menyatakan duka yang mendalam atas kepergian Solihin GP.

Pesannya dari keluarga menyebutkan, “Innalillahi wa inna illaihi rojiuuuun. Pada hari ini, jam 02.45 telah kembali dengan tenang ke pangkuan ALLAH SWT, ayah kami tercinta, H. Solihin GP di usia 97 tahun, di RS ADVENT, BANDUNG. Semoga ALLAH SWT memaafkan kesalahan/dosa almarhum, menerima ibadah/amal solehnya, dan memberi tempat terbaik di sisi-NYA.”

Solihin GP, yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat pada periode 1970-1975, dikenal sebagai sosok sesepuh di Jawa Barat dan Siliwangi. Selain pernah menjabat sebagai purnawirawan Letjen TNI, beliau juga meniti karir sebagai Anggota MPR pada tahun 1998. Aktivitasnya sebagai pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) meninggalkan jejak positif dalam pelestarian alam.

Rencananya, jenazah almarhum Solihin GP akan dibawa ke rumah keluarga besar di Jl Cisitu Indah, Dago, Bandung pada pukul 07.00 – 09.00 WIB. Setelahnya, jenazah akan dibawa ke Mako II Kodam III Siliwangi di Jl Sumbawa No 22 Bandung sekitar pukul 09.30 hingga 12.30 WIB. Kepergian Solihin GP menjadi kehilangan besar, terutama bagi Jawa Barat yang merasakan kontribusi besar beliau dalam pembangunan dan pelestarian lingkungan. Semoga amal ibadahnya diterima dengan baik di sisi-NYA.

 

Penulis: Habib

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca