BerandaBabancongSinergi DKP Garut dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Ketahanan Pangan

Sinergi DKP Garut dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Ketahanan Pangan

GARUT INTAN NEWS – Program ketahanan pangan di Kabupaten Garut terus mengalami perkembangan positif dengan berbagai kegiatan yang dilakukan secara rutin. Salah satu inisiatif utama adalah penganekaragaman konsumsi pangan, yang mendapat penekanan khusus dari Yani Yuliani, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut. Kamis (01/02/2024)

Yani Yuliani menyampaikan, “Sebetulnya untuk program ketahanan pangan kita rutinnya berbagai kegiatan, terutama jika ada kegiatan penganekaragaman konsumsi pangan. Memang salah satu sudutnya adalah kita melakukan edukasi terhadap masyarakat. Bagaimana masyarakat ini bisa membiasakan diri dengan pola hidup konsumsi pangan, beragam bergizi seimbang dan aman.”

Pentingnya edukasi ini juga diimbangi dengan upaya memastikan ketersediaan pangan dan kemampuan masyarakat untuk mengaksesnya. Yani Yuliani menekankan, “Tapi tentunya itu juga perlu didukung dengan ketersediaan dan kemampuan mereka mengakses tangannya dari mana. Makanya kita memang bersinergi dengan Dinas Pertanian dan peternakan.”

Pemanfaatan lahan pekarangan menjadi fokus penting dalam menjaga keberagaman konsumsi pangan. Yani Yuliani menjelaskan, “Makanan juga ada kegiatan yang bernama pemanfaatan lahan pekarangan di mana ada beberapa sudah fasilitasi untuk kelompok. Bagaimana me bahan pangan itu lahan pekarangan itu dimanfaatkan untuk memelihara komoditi komoditi pangan, baik sayuran maupun komoditi.”

Sinergi Dinas Ketahanan Pangan Garut dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Ketahanan Pangan
Sinergi Dinas Ketahanan Pangan Garut dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Ketahanan Pangan

Dalam pelaksanaannya, sinergi dengan dinas teknis menjadi langkah efektif. Yani Yuliani menyebut, “Sumber protein hewani pelaksanaan di lapangannya memang kita bersinergi dengan dinas teknis itu untuk melibatkan para penyuluhnya penyuluh perikanan, peternakan, dan penyuluh pertanian.”

Dalam hal ini, Yani Yuliani, menegaskan, “Kita siap bersinergi dengan dinas teknis yang tadi saya sampaikan. Kemudian juga kita memang menekankan kepada edukasi kepada masyarakat bagaimana masyarakat ini mampu melakukan pola hidup yang sehat.”

Dalam upaya menjaga ketersediaan pangan, program bank pangan dan penanganan kerawanan pangan menjadi perhatian serius.  “Kita ada kegiatan di bidang ketersediaan pangan yaitu kegiatan bank pangan dan kerawanan pangan. Biasanya kita ada kelompok-kelompok memang yang membutuhkan fasilitasi untuk pengelolaan komoditi di wilayahnya sesuai dengan potensi yang ada” jelasnya.

Pengelolaan komoditi ternak juga menjadi bagian integral dari strategi ini. “Membutuhkan bahwa kami ingin melakukan pengelolaan komoditi ternak, tetapi memang kita sifatnya stimulan kita berbeda dengan dinas peternakan. Kalau dinas populasi dalam jumlah besar untuk pelaku usaha besar, kalau kita sebetulnya lebih kepada kita memberikan stimulan sebagai edukasi ke masyarakat” Pungkasnya.

Program ketahanan pangan yang dijalankan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut di bawah kepemimpinan Yani Yuliani terus menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan sinergi lintas sektor dan fokus pada edukasi, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat Garut.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca