BerandaHumanioraPj Bupati Garut Ajak Masyarakat dan Baznas Bersatu dalam Membantu Kaum Dhuafa

Pj Bupati Garut Ajak Masyarakat dan Baznas Bersatu dalam Membantu Kaum Dhuafa

GARUT INTAN NEWS – Penjabat (Pj) Bupati Garut, Drs. H. Barnas Adjidin, MM,.M.M.Pd, mengajak masyarakat dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut untuk bersatu dalam membantu kaum dhuafa. Hal ini disampaikan beliau saat kunjungan ke kantor Baznas pada Selasa (30/01), dengan menyoroti peran penting lembaga sosial dalam mendukung pemerintah dalam penanganan masalah sosial di tengah masyarakat.

“Pemerintah itu dibantu oleh banyak lembaga organisasi, salah satunya Baznas. Di mana Baznas merupakan lembaga yang bisa membantu orang-orang yang perlu dibantu, yang miskin, yang memiliki masalah, dan lain sebagainya,” ujar Pj Bupati Garut.

Beliau menekankan semangat Baznas dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam pelaksanaannya, Pj Bupati Garut menyoroti pentingnya sesuai dengan aturan yang berlaku serta kecepatan dalam memberikan bantuan yang cepat, tepat, dan tuntas.

“Kami mengajak Baznas untuk terus semangat, kemudian di dalam pelaksanaannya harus sesuai aturan. Harus dikaji dulu bantuan-bantuan tapi tidak lama, jadi harus cepat, tepat, dan tuntas. Karena banyak juga masyarakat Garut yang membutuhkan hal itu, maka harus benar-benar penyelesaiannya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan, terutama,” tambahnya.

Dalam kunjungannya ke kantor Baznas Garut, Pj Bupati Garut menyatakan bahwa Baznas dan pemerintah adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya penanggulangan masalah sosial, terutama membantu kaum dhuafa. Pj Bupati Garut mengungkapkan target bantuan sebesar 16 miliar untuk tahun ini dan akan terus mengawasi pelaksanaannya.

“Target 16 miliar untuk tahun ini, upaya pemerintah kita akan lihat ya dulu apa yang sudah kita lakukan. Kemudian kita juga harus secepatnya mendata potensi-potensi yang bisa dilakukan oleh Baznas yang tentunya tidak bisa dilakukan oleh Baznas sendiri,” tegas Pj Bupati Garut.

Lebih lanjut, Pj Bupati Garut menyoroti upaya untuk meningkatkan pendapatan Baznas dengan berbagai langkah. Salah satunya melalui imbauan kepada BUMN, perbankan, dan pihak lainnya untuk berzakat dan infaq. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan Baznas sehingga bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan dapat lebih banyak diakomodir.

“Misalnya imbauan-imbauan untuk berzakat infaq dari BUMN, perbankan, dan lain sebagainya. Apabila ada upaya-upaya itu, akan meningkatkan pendapatan Baznas dan secara otomatis juga nanti bantuan untuk orang-orang yang tidak mampu itu bisa diakomodir lebih banyak lagi oleh Baznas, kira-kira seperti itu,” jelasnya.

Dengan ajakan ini, Pj Bupati Garut berharap adanya sinergi yang kuat antara masyarakat, pemerintah, dan Baznas dalam membantu mereka yang membutuhkan, menjadikan Garut lebih sejahtera dan berkeadilan sosial.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca