BerandaIntanBizWahyu Prasetia, Mitra Bukalapak Bidik Garut Untuk Mengembangkan Peluang Bisnis Usaha Mikro

Wahyu Prasetia, Mitra Bukalapak Bidik Garut Untuk Mengembangkan Peluang Bisnis Usaha Mikro

GARUT INTAN NEWS –  Wahyu Prasetia, salah satu Mitra Bukalapak yang berhasil menciptakan peluang baru dan membangun keberlanjutan bisnis usaha mikro di Indonesia dengan mengusung misi pemberdayaan “Dari Mitra untuk Mitra”.

Ia mengikuti salah satu  program yang sedang diselenggarakan ialah Mitra Mentorship Program Batch 5 dengan basis platform online-to-offline (O2O)  dimana program ini melibatkan ratusan pemilik warung dan agen pulsa untuk saling belajar dan mengembangkan bisnis melalui forum daring di grup WhatsApp. Agenda program yang sedang berlangsung sekarang ini dilaksanakan pada tanggal 24 Juni hingga 3 Juli 2024.

Wahyu merupakan seorang pemilik kios pulsa asal Bekasi yang menjadi mentor dalam program ini mengatakan, berkat kemampuannya mengembangkan pola pikir bertumbuh sebagai pemilik usaha mikro, dirinya berhasil menginspirasi banyak pemilik warung dan agen pulsa.

“Mulanya hanya mengelola kios pulsanya sebagai usaha sampingan, namun setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak pada 2021, saya berhasil mengembangkan kiosnya dengan menjual berbagai produk virtual dan layanan finansial, seperti pulsa, paket data, transfer uang, dan voucher game,” ujarnya.

Wahyu mengaku komunitas Juwara membantu dirinya memahami lebih banyak tentang strategi penjualan dan komunikasi pelanggan, berkat edukasi dari Komunitas Juwara, kios pulsa “Barokah Cell” miliknya mengalami kenaikan jumlah pelanggan hingga sepuluh kali lipat dengan pendapatan mencapai Rp 50 juta per bulan.

“Saya juga bisa mengadakan promo kecil-kecilan yang membuat variasi produk di kios semakin berkembang,” kata Wahyu.

Wahyu menambahkan bahwa dirinya menginginkan masyarakat memiliki usaha dan memperoleh penghasilan tambahan dengan bermodalkan handphone, meski tanpa toko fisik namun Mitra Bukalapak akan memfasilitasi kebutuhan media promosi.

“Acara ini mengajak para pemilik warung dan agen pulsa untuk mengubah tantangan menjadi peluang, khususnya dalam penjualan voucher games. Strategi promosi seperti bundling dan transaksi berhadiah memberikan peluang keuntungan tambahan bagi penjual.

Melalui kampanye “Jangan Menyerah”, Mitra Bukalapak juga mendukung branding usaha mikro dengan menyediakan media promosi seperti kartu nama gratis, iklan dengan foto dan rekaman suara mereka sendiri, serta kesempatan menjadi pencipta konten berbayar.

Dengan komitmen ini, Mitra Bukalapak berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan, menginspirasi lebih banyak pemilik warung dan kios untuk lebih canggih dalam berbisnis dan meningkatkan kesejahteraan komunitas sekitarnya.

“Insya allah, ke depan Kabupaten Garut dan sekitarnya akan menjadi target saya untuk mengembangkan keberlanjutan bisnis usaha mikro, “ pungkasnya.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca