BerandaAtikanParmadenda Adakan Lomba Tulis Cerpen Tiga Bahasa Berhadiah Total 15 Juta, Remaja...

Parmadenda Adakan Lomba Tulis Cerpen Tiga Bahasa Berhadiah Total 15 Juta, Remaja Garut Ayo Merapat

GARUT INTAN NEWS – Parmawijaya Dendasasmita Library and Creative Hub (PD) dengan bangga mengumumkan peluncuran Parmawijaya Dendasasmita Literary Awards, sebuah kompetisi menulis yang akan menguji bakat penulisan dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Sunda. Lomba ini diinisiasi sebagai bagian dari upaya PD dalam memajukan literasi dan kreativitas menulis di Indonesia, mulai dari tanah kelahiran PD, Garut.

Sejalan dengan pepatah Sunda “Asih, Asah, Asuh”, Parmawijaya Dendasasmita mewujudkan suatu ruang yang melampaui batas tradisional sebuah perpustakaan menjadi sebuah tempat repositori hidup bagi buku, seni, dan komunitas. Setelah dua dekade, PD meresmikan perpustakaan dan Creative Hub di Jl. Kiansantang No.2, Garut. Saat ini, PD memiliki lebih dari 1000 buku terbaik, 10 seniman, 30 karya seni, dan persembahan seni teater awal, personifikasi puisi, monolog, dan musikalisasi puisi.

PD bermaksud mewujudkan misi peningkatan literasi dan kemampuan menulis dengan menggelar Parmawijaya Dendasasmita Literary Awards. Terinspirasi dari Rosetta Stone yang merupakan artefak tiga bahasa yang menguak sejarah Mesir, PD ingin menjadi sebuah artefak literasi di Garut yang mempromosikan kemampuan menulis dan literasi dalam tiga bahasa: Indonesia, Inggris, dan Sunda.

Tahun ini, PD mengajak penulis untuk mengeksplorasi kemampuan menulis cerita pendek dalam empat kategori berbeda:
1. Cerita Pendek Fiksi Bahasa Indonesia
2. Cerita Perjalanan (Travel Story) Bahasa Indonesia
3. Cerita Pendek Fiksi Bahasa Inggris
4. Cerita Pendek Fiksi Bahasa Sunda

Penulis dapat memilih satu kategori atau lebih. Persyaratan umum Penulis adalah sebagai berikut:

– Usia minimal 15 tahun
– Kewarganegaraan Indonesia
– Tema karya bebas
– Karya menjunjung tinggi prinsip dan etika Indonesia
– Karya adalah milik sendiri dan bukan terjemahan
– Karya belum pernah dipublikasikan sebelumnya
– Penulis hanya boleh mengirimkan 1 karya tiap kategori.

Detil format pengumpulan karya termasuk:

– Maksimal 5 halaman
– Maksimal 2.500 kata
– Font Arial 12 poin
– Margin 1 inci (2,54 cm) di semua sisi halaman

Pendaftaran akan dibuka mulai Senin, 6 Mei 2024, dan ditutup pada Jumat, 21 Juni 2024. Penulis hanya dapat mengunggah karya mereka di situs web PD, yang tersedia melalui tautan di bio Instagram @parmadenda_.

Karya akan diseleksi oleh dewan kurator yang terdiri dari para penulis buku, sastrawan, dan akademisi sastra Garut, Indonesia, dan Internasional. Pengumuman pemenang akan dilakukan melalui email pada Minggu, 14 Juli 2024. Adapun penghargaan akan diberikan pada acara penyerahan hadiah pada Sabtu, 20 Juli 2024, di Parmawijaya Dendasasmita Library and Creative Hub, Jl. Kiansantang No.2, Garut, Indonesia. Acara ini akan diadakan secara hibrid (offline dan online).

Lomba ini GRATIS dan tidak memungut biaya pendaftaran ataupun biaya lainnya. Para Penulis akan mendapat kesempatan unik untuk menunjukkan bakat menulis mereka kepada para profesional sastra, mengasah keterampilan menulis, dan melihat karya terbaiknya ditampilkan di buku antologi PD yang pertama.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca