BerandaSerba-SerbiSiaga LPG Dijamin untuk Mengatasi Kelangkaan Saat Lebaran

Siaga LPG Dijamin untuk Mengatasi Kelangkaan Saat Lebaran

GARUT INTAN NEWS – Sekretaris Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kabupaten Garut, Eka Kadarisman, mengungkapkan bahwa sebanyak 300 pangkalan dan 60 agen siaga LPG telah disiapkan untuk mengantisipasi kelangkaan gas LPG menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H.

Eka menjelaskan bahwa pangkalan dan agen siaga adalah penyedia atau penjual LPG 3 kg yang tetap beroperasi di tempat untuk melayani masyarakat jika terjadi kekurangan gas LPG 3 kg.

Eka menegaskan bahwa Hiswana Migas Kabupaten Garut memastikan stok gas elpiji 3 kilogram tersedia cukup menjelang hari raya Idul Fitri. Selain itu, Pertamina juga merencanakan extra dropping atau penyaluran tambahan gas elpiji bersubsidi guna mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat.

“Peningkatan penggunaan LPG 3 kg terjadi sejak awal bulan puasa dan menjelang lebaran. Hiswana Garut menjamin pasokan akan aman, terutama dengan penambahan sebesar 30 persen dari alokasi harian,” ujar Eka.

Saat ini, alokasi per hari mencapai sekitar 50 ribu tabung, dengan adanya penambahan 30 persen pasokan harian menjadi 65 ribu tabung di Kabupaten Garut. Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kelangkaan dan memastikan pasokan LPG aman.

Eka juga menyatakan bahwa pihaknya terus memantau penjualan LPG 3 kg di setiap pangkalan, dan hingga saat ini situasinya masih terbilang normal tanpa kelangkaan. Untuk memastikan pasokan BBM juga aman menjelang lebaran, Hiswana Migas Garut siapkan motoris untuk membantu pengguna jalan yang kehabisan BBM di beberapa jalur, seperti di Malangbong, Leles, dan sejumlah tempat lainnya.

“Masyarakat yang kehabisan BBM dapat menghubungi Call Center 135 dan motoris akan melayani pengisian BBM,” tambahnya. Hiswana Migas juga telah menyiapkan mobil tangki (Mobile Storage) di beberapa SPBU untuk mengantisipasi kemacetan yang sulit dijangkau.

Eka menghimbau agar masyarakat tetap menggunakan gas elpiji dengan bijak dan tidak mengambil secara berlebihan untuk memastikan pasokan mencukupi untuk semua. Dengan langkah-langkah siaga ini, diharapkan kelangkaan gas LPG dan BBM dapat diatasi dengan baik selama musim mudik Lebaran.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca