BerandaInfo GrafikTiga Kecamatan Paling Ramai di Kabupaten Garut, Cek Wilayah Mana Saja

Tiga Kecamatan Paling Ramai di Kabupaten Garut, Cek Wilayah Mana Saja

GARUT INTAN NEWS – Kabupaten Garut merupakan salah satu dari 27 Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini berbatasan enam kabupaten dan Samudera Hindia.

Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Tasikmalaya, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, Samudra Hindia di selatan, serta sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung.

Kabupaten Garut terdiri dari 42 kecamatan, 21 kelurahan, dan 421 desa, dengan ibu kota terletak di Kecamatan Tarogong Kidul.

Pada tahun 2020, jumlah penduduknya mencapai 2.585.607 jiwa dengan luas wilayah 3.074,07 km² dan sebaran penduduk 719 jiwa/km².

Lalu kecamatan manakah yang paling ramai dan padat penduduknya diantara 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut?

Jika ada yang menjawab bahwa ibu kota Kabupaten Garut yaitu Kecamatan Tarogong Kidul adalah yang kecamatan teramai, itu tidak salah, namun tidak dalam urutan pertama.

Lantas, kira-kira, Kecamatan mana saja yang tergolong sebagai Kecamatan teramai urutan pertama di Kabupaten Garut saat ini?

Untuk menentukannya, indikator yang digunakan berdasarkan jumlah paling banyak penduduk yang menghuni di Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Berdasarkan data BPS Kabupaten Garut dalam angka 2020, ternyata ini 4 Kecamatan teramai di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

1. Karangpawitan
Kecamatan Karangpawitan diakui sebagai wilayah teramai nomor 1 di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Hal tersebut dikonfirmasi karena jumlah penduduk yang mendiami wilayah Kecamatan Karangpawitan ini paling padat atau banyak di antara Kecamatan lainnya.

Tepatnya, wilayah Kecamatan Karangpawitan ini dihuni oleh penduduknya mencapai 135.814 jiwa.

2. Garut Kota
Selanjutnya, terdapat Kecamatan Garut Kota yang merupakan wilayah teramai nomor 2 di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tercatat, Kecamatan Garut Kota dihuni oleh warganya mencapai 127.583 jiwa.

3. Tarogong Kidul
Kemudian, ada Kecamatan Tarogong Kidul yang menjadi salah satu wilayah teramai nomor 3di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Hal itu lantaran warga yang mendiami wilayah Kecamatan Tarogong Kidul ini jumlahnya cenderung banyak.

Diketahui, Kecamatan Tarogong Kidul didiami oleh penduduknya sebanyak 114.965 jiwa.,

Jadi, itulah 3 daerah teramai di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang kondisi wilayah Kabupaten Garut.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca