BerandaKampusInstitut Teknologi Garut (ITG) Mengusung Solusi Inovatif dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa...

Institut Teknologi Garut (ITG) Mengusung Solusi Inovatif dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Teknik Industri

GARUT INTAN NEWS – Dalam penerapan proses pembelajaran sehari-hari khususnya di perguruan tinggi, kerap kali banyak ditemui mahasiswa yang mengabaikan kewajiban dalam pembelajaran akademik. Banyak dijumpai masalah yang terjadi di lingkungan mahasiswa khususnya mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Garut. Institut Teknologi Garut (ITG) adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi Jalan Mayor Syamsu No. 1, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Perguruan tinggi ini memiliki 5 program studi, salah satu program studi yang telah lama berdiri di perguruan ini adalah program studi teknik industri.

Masalah yang sering terjadi di lingkungan kampus ITG adalah banyak ditemukan mahasiwa yang menunda-nunda tugas sehingga terjadi penumpukan yang menyebabkan terjadinya beban kerja mental yang berlebih. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei bahwa 65% mahasiswa yang memilih menunda-nunda pekerjaan maka akan berdampak pada penumpukan tugas, beban tugas yang semakin besar, mempengaruhi kualitas penyelesaian tugas dan kualitas belajar.

Hasil dari survei yang dilakukan oleh Kelompok 5 yang beranggotakan Regi Prilangga, Ajeng Ayu Fitriani, Moch Zain Fathori, Muhamad Dahman dan Rifa Apriliani Putri, melalui penyebaran kuisioner kepada mahasiswa/I Teknik Industri Angkatan 2020 di Institut Teknologi Garut menyebutkan bahwa pengaruh faktor mental demand sebesar 45,4% faktor ini menilai seberapa banyak aktivitas mental yang diperlukan untuk melihat, mengingat, dan mengambil kembali informasi. Faktor temporal demand yang mengukur tekanan waktu, juga signifikan sebesar 26,3%.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh kelompok 5 yaitu merekomendasikan perancangan model belajar khusus yang dapat mengurangi beban kerja mental mahasiswa dengan mengakomodasi gaya belajar mereka. Strategi yang diusulkan melibatkan penyampaian materi pembelajaran sesuai gaya belajar, pemberian waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas, dan peluang interaksi dengan dosen.

Harapan kelompok 5 adalah bahwa rekomendasi ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Institut Teknologi Garut, membuka pintu menuju pendekatan pembelajaran yang lebih adaptif dan efektif umumnya bagi pembaca dan khususnya bagi mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2020 Insitut Teknologi Garut.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca