BerandaPolitikFestival Demokrasi 2024: KPU Garut Ajak Generasi Muda Cerdas Memilih

Festival Demokrasi 2024: KPU Garut Ajak Generasi Muda Cerdas Memilih

GARUT INTAN NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menggelar Festival Demokrasi Garut 2024 di Alun-Alun Garut, Kecamatan Garut Kota. Acara yang berlangsung selama dua hari (19-20 Oktober) ini bertujuan memberikan informasi dan edukasi terkait Pilkada Serentak 2024, dengan harapan meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya generasi muda.

Ketua KPU Kabupaten Garut, Dian Hasanudin, menyampaikan bahwa Pilkada serentak 2024 tinggal 38 hari lagi dan menekankan betapa pentingnya momen tersebut. Ia menekankan bahwa ini merupakan Pilkada serentak pertama dalam sejarah Indonesia.

Ia juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam proses Pilkada tahun ini.

“Tantangan tersendiri buat kita, khususnya penyelenggara termasuk juga adaptasi dari masyarakat pasca pelaksanaan pemilu kemarin di bulan Februari harus juga ikut serta terlibat dalam proses pelaksanaan pilkada di November nanti,” ujarnya.

Dian menambahkan, KPU Garut kini fokus pada layanan pindah memilih bagi warga yang tidak bisa hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ia menyebut bahwa persiapan logistik berjalan lancar.

“Saat ini, 80 persen logistik sudah tersedia, dan surat suara akan tiba di kecamatan pada H-3 sebelum hari pemilihan,” jelas Dian.

Festival ini memberikan kesempatan kepada warga untuk mengecek status dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan mencoba simulasi TPS.

“Kita ingin menjadikan kegiatan ini sebagian dari edukasi terhadap masyarakat, supaya masyarakat bisa lebih mengenal lagi, bisa lebih terlibat lagi dalam proses pelaksanaan pilkada,” harapnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Garut, Nurrodhin, turut mengapresiasi festival tersebut. Ia menekankan pentingnya peran generasi muda dalam Pilkada.

“Terutama untuk para generasi muda, para pemilih pemula, kaum milenial, generasi Z, saya yakin kalian adalah tumpuan, harapan kita di masa yang akan datang, partisipasi teman-teman milenial dan generasi Z dalam menyelenggarakan Pemilu dengan pola pemikiran yang cerdas, cerdas untuk menentukan, cerdas untuk memilih,” ungkap Nurrodhin.

Festival Demokrasi Garut 2024 ini menjadi bagian dari upaya KPU Garut dalam mempersiapkan masyarakat agar siap berpartisipasi dalam Pilkada serentak pada 27 November mendatang.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca