BerandaSabaDesaYuk Intip Potensi Desa Padasuka: Dari Kue Lumpia hingga Sentra Sayuran Sausin

Yuk Intip Potensi Desa Padasuka: Dari Kue Lumpia hingga Sentra Sayuran Sausin

GARUT INTAN NEWS – Desa Padasuka, yang terletak di Kecamatan Pasir Wangi, Kabupaten Garut, telah menjadi salah satu desa dengan perkembangan ekonomi yang pesat.

Kepala Desa Padasuka, Aris Zaman, mengungkapkan beberapa potensi unggulan desa yang berkontribusi besar terhadap perekonomian lokal.

“Salah satu kekuatan utama Desa Padasuka adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak dalam produksi kue lumpia. Selama 15 tahun terakhir, kue lumpia buatan para pengrajin rumahan ini telah berhasil menembus pasar internasional. Sekitar 200 hingga 300 orang bekerja sebagai buruh di sektor ini” ujar Aris Zaman.

Selain itu, Desa Padasuka juga dikenal dengan bisnis ikan pindang yang berlokasi di RW 7, Ia juga menyoroti mengenai bisnis ini yang digeluti oleh 1 RW.

“Satu RW di desa kami sangat aktif dalam bisnis ikan pindang, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal tetapi juga dipasok hingga ke luar kota,” tambahnya.

Di bidang pertanian, Desa Padasuka memiliki keunggulan dalam bisnis tanaman hortikultura, khususnya sayuran caisim atau sausin.

“Pertanian hortikultura kami cukup banyak, terutama sebagai sentra sayuran caisim. Mayoritas penduduk desa ini adalah petani dan buruh tani yang sangat berkontribusi terhadap produksi sayuran di sini,” jelas Aris.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Desa Padasuka juga menunjukkan perkembangan yang signifikan. Diketahui bahwa IPM Desa Padasuka menempati urutan kedua setelah Desa Padamukti di Kecamatan Pasirwangi.

Desa Padasuka terus berupaya mengembangkan potensi-potensi ini agar dapat memberikan kontribusi lebih besar lagi bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca