BerandaJajagar7 Rekomendasi Makanan Khas Garut, Cocok Untuk Oleh-oleh Pasca Lebaran

7 Rekomendasi Makanan Khas Garut, Cocok Untuk Oleh-oleh Pasca Lebaran

GARUT INTAN NEWS – Kota Garut atau biasa dikenal dengan sebutan Swiss Van Java terkenal dengan banyaknya tempat wisata dengan keindahan alamnya yang diminati oleh wisatawan, selain itu ternyata Garut juga memiliki banyak sekali jenis makanan yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, berikut penjelasannya.

1. Dodol Garut

Wikipedia

Dodol Garut adalah salah satu makanan tradisional yang menjadi ciri khas kota Garut yang sudah cukup populer, cemilan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal dan kini sudah terdapat berbagai varian rasa yang berasal dari buah-buahan. Dodol Garut juga sudah tesedia diberbagai toko oleh-oleh yang ada di Garut bahkan sudah menyebar di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Jawa Barat.

2. Dorokdok

pexels.com

Dorokdok atau biasa juga disebut dengan kerupuk kulit yang memiliki rasa renyah sehingga menghasilkan suara dorok-dok ketika dikonsumsi maka dari situlah asal muasal kenapa masyaratkat Jawa Barat lebih sering menyebut kerupuk kulit dengan sebutan dorokdok. Dorkdok ini diproduksi di daerah Tarogong dan sekitarnya dengan bahan dasar kulit sapi dan cemilan yang satu ini sering djadikan oleh-oleh karena cita rasanya yang renyah sehingga banyak diburu oleh para wisatawan.

3. Burayot

www.pinterest.jp

Burayot adalah makanan khas Garut yang biasa dijual di pasar ini memiliki nama cukup unik yang berasal dari bahasa sunda yaitu ‘ngaburayot’ yang artinya adalah bergelantung karena bentuk kue terlihat menggantung. Cemilan tradisional ini terdapat di daerah Leles, Kadungora hingga Wanaraja.

4. Jeruk Garut

pexels.com

Jeruk Garut memiliki rasa asam yang khas tidak seperti jeruk pada umumnya dan di kota Garut ini biasanya panen jeruk sepanjang tahun maka tak salah lagi jika jeruk Garut sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan atau banyak dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

5. Chocodot

Jabar Hits

Chocodot adalah cemilan khas Garut yang terbuat dari cokelat dan dodol Garut, cemilan yang satu ini cukup kekinian dikalangan anak muda dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena chocodot memiliki varian rasa yang banyak dari mulai rasa buah- buahan, rasa cokelat hingga varian rasa pedas yang berbeda dari dodol pada umumnya.

6. Wajit

Good News From Indonesia

Cemilan wajit yang banyak diproduksi di daerah Cihuripan, ternyata cemilan ini memilikı persamaan dengan bahan dasarnya dodol yakni terbuat dari beras ketan dan juga gula merah, tetapi wajit dibungkus menggunakan daun pisang kering.

7. Ladu

Cookpad. com

Cemilan ladu sangat cocok bagi para pecinta manis, cemilan yang satu ini pada awalnya dikenalkan oleh masyarakat Malangbong yang terbuat dari tepung ketan putih, gula aren dan gula kelapa. Cita rasa yang manis pada ladu tentu sangat cocok menemani liburan para wisatawan yang berkunjung ke Garut.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca