BerandaAsalUsulMengenal Stasiun Cibatu, Sejarah dan Transportasi Pendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata di...

Mengenal Stasiun Cibatu, Sejarah dan Transportasi Pendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata di Garut

GARUT INTAN NEWS – Stasiun Cibatu (CB) merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di Desa Cibatu, Cibatu, Garut berlokasi 58 km sebelah timur dari Bandung. Stasiun yang berdiri pada ketinggian +612 MDPL ini menjadi bagian Daerah Operasi (DAOP) II Bandung dan saat ini telah menjadi stasiun kereta api terbesar di Kabupaten Garut dengan luas 1 ha (10.000 m2).

Lokasi stasiun ini 21 KM di sebelah utara pusat pemerintahan Kabupaten Garut dan stasiun ini telah menyaksikan berbagai peristiwa penting sepanjang sejarahnya.

Tampak depan stasiun cibatu, garut pada Minggu, (24/03/2024)
Tampak depan stasiun cibatu, garut pada Minggu, (24/03/2024)

Dibuka pada tanggal 14 Agustus 1889, Stasiun Cibatu menjadi bagian dari jalur kereta api yang menghubungkan Cicalengka dengan Cilacap. Saat itu, stasiun ini menjadi primadona bagi wisatawan Eropa yang ingin menikmati keindahan alam Garut. Bahkan, tokoh terkenal seperti Charlie Chaplin dan Georges Clemenceau pernah menginjakkan kakinya di sini.

Meskipun pernah dinonaktifkan pada tahun 1983, lintas Cibatu-Garut kembali dibuka pada 24 Maret 2022 setelah hampir 40 tahun tidak aktif. Hal ini menjadi momen penting dalam sejarah transportasi Garut.

Dengan empat jalur kereta api, termasuk jalur lurus, Stasiun Cibatu menjadi titik utama bagi warga Garut dalam perjalanan ke berbagai tujuan di Jawa. Fungsinya tidak hanya sebagai stasiun kereta api, tetapi juga menawarkan daya tarik wisata dengan keindahan alam sekitarnya dan kemegahan arsitektur kolonial.

Dengan modernisasi dan peningkatan infrastruktur, Stasiun Cibatu terus beradaptasi dengan kebutuhan masa kini. Namun, nilai-nilai sejarahnya tetap terjaga dengan baik, menjadikannya contoh sukses dalam mengintegrasikan masa lalu dengan masa kini.

kereta api tiba di stasiun Cibatu Garut pada Minggu (24/03/2024)
kereta api tiba di stasiun Cibatu Garut pada Minggu (24/03/2024)

Sebagai bagian integral dari sistem transportasi Garut, Stasiun Cibatu memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut. Dengan inovasi terus-menerus, stasiun ini akan terus menjadi pusat vital yang menghubungkan masa lalu, masa kini, dan masa depan Garut.

Dengan keindahan alamnya yang memesona dan warisan sejarah yang berharga, Stasiun Cibatu tetap menjadi destinasi menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan harmoni antara tradisi dan modernitas, serta menikmati fasilitas transportasi yang nyaman dan efisien.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca