BerandaSabaDesaPotensi Desa Sukamanah : Wisata Alam Baru Curug dan Wisata Religi Sitatapa

Potensi Desa Sukamanah : Wisata Alam Baru Curug dan Wisata Religi Sitatapa

GARUT INTAN NEWS – Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan dan banyak diminati karena memiliki potensi tersembunyi yang harus di gali.

Kades Sukamanah Kecamatan Malangbong, Aten Sulaeman, menyampaikan desanya terdapat 2 pontensi yang bisa dikembangkan. Pertama sektor wisata alam dan kedua sektor wisata religi.

Selain memiliki potensi yang mumpuni, keindahan view dari potensi alamnya yang terdapat warisan leluhur yaitu curug ( air terjun ) yang dinamakan Baru Curug bisa digali dan dikembangkan menjadi wisata alam yang menakjubkan.

Tak hanya itu, wisata religi juga sangat digemari apalagi pada bulan Mulud yang dikunjungi untuk berziarah. “Dan saat ini baru di setplane berupa item diantaranya wisata religi itu ke Sitatapa, saya itu sedang mengakses membuka bagaimana supaya PAD desa bisa naik dengan potensi desa yang sudah ada,” ungkap Kades.

Aten menjelaskan, Sebelumnya ia terinspirasi untuk mengembangkan potensi karena adanya apresiasi dari masyarakat dan juga seperti dari UNSIL, yang melintasi ke daerah Desa Sukamana.

“ ada juga beberapa mahasiswa yang camping disana, ini juga terdapat investor yang membawa program embung yang bisa dipergunakan para petani yang bembutuhkan,” ujar Aten.

Aten juga menjelaskan kini desanya akan dibuat status desa wisata. Dengan target awal yaitu harus memperhatikan dulu jalan lingkungan, irigasi, sanitasi, jalan desa sesuai dengan rujukan dari program pemerintah. “ salah satu prioritas itu jalan usaha tani, jalan wisata,” ungkapnya.

Disisi lain wisata yang terkenal, Desa Sukamana juga terdapat potensi kopi Dauwan yang sudah mengikuti kontes dan memenangkan juara 3 se-Indonesia. “ini kopi di 2018-2020 pernah mengikuti kontes kopi ke 3 se Indonesia, kalo robusta mewakili jabar,” bangga Aten.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca