BerandaPolitikIlham Habibie Nikmati Kelezatan Soto Ahri: Kuliner Hidden Gem Legendaris di Garut

Ilham Habibie Nikmati Kelezatan Soto Ahri: Kuliner Hidden Gem Legendaris di Garut

GARUT INTAN NEWS – Dalam kunjungannya ke Kabupaten Garut, Ilham Habibie, calon Gubernur Jawa Barat dari Partai Nasdem, memulai hari dengan menikmati sarapan di salah satu kuliner legendaris di Garut, Soto H Ahri. Tempat makan ini sudah buka sejak tahun 1943 dan menjadi tujuan wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke Garut.

Lokasinya berada di dalam gang, tepatnya di Jl. Mandalagiri, Gang Hardjo, Pasar Baru, Ciwalen, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut. Soto Ahri dikenal dengan kuah kaldunya yang istimewa, dibuat dengan campuran rempah-rempah dan bahan-bahan tradisional yang memberikan cita rasa gurih yang khas.

Cita rasa soto ini masih tetap terjaga, diketahui Soto Ahri ini masih menggunakan tungku Kayu Bakar. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan kelezatan Soto Ahri, termasuk Ilham Habibie yang berbagi pengalamannya setelah mencicipi soto tersebut.

“Rasanya gurih sekali, enak dan saya sudah kombinasikan dengan ini (kerupuk kulit sapi), gurih sekali. Kombinasikan ini (kerupuk kulit) dengan ini (soto) top banget. Ini sudah legend, dari tahun 43 ya, kalau siang siang udah abis makanannya,” kata Ilham Habibie.

Ia juga menyampaikan bahwa dirinya baru beberapa kali berkunjung ke Garut dan sangat terkesan dengan makanan khas yang tidak banyak ditemukan di tempat lain.

Drg. Putri Karlina, calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Garut dari Partai Nasdem, juga mengungkapkan kecintaannya terhadap kuliner ini.

“Ini mah udah langganan atuh dari jaman kecil dulu kalau orang tua, kangen rasanya kesini, sama kan kita ngeliat vibesnya di dalam pasar, hidden gem teh ini gitu. Selalu kalau ada bapak, ibu ke Garut selalu pasti sarapannya di sini” ujarnya.

Putri Karlina juga menyampaikan cita-citanya untuk mengembangkan Tourism Information Center (TIC) di Garut yang dapat membantu mempromosikan kuliner khas Garut.

“Cita-cita saya kan pengen punya TIC (Tourism Information Center) Garut itu, salah satunya untuk mengkolektifkan ada apa aja sih kuliner khas Garut yang harus dikunjungi, pasti salah satunya akan kesorot, karena saya rasa kaya gini tuh (sambil menunjuk ke soto) di daerah lain belum banyak” tambahnya.

Kunjungan ke Soto Ahri ini tidak hanya menjadi pengalaman kuliner yang berkesan bagi Ilham Habibie dan Putri Karlina tetapi juga memperlihatkan bagaimana kuliner lokal dapat menjadi daya tarik wisata yang berdampingan dengan pengembangan pariwisata daerah.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca