BerandaAtikanKetua Kwarcab Garut: Peran Mabigus Penting dalam Mendukung Pramuka di Pangkalan Sekolah

Ketua Kwarcab Garut: Peran Mabigus Penting dalam Mendukung Pramuka di Pangkalan Sekolah

GARUT INTAN NEWS – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, dr. Helmi Budiman, secara resmi membuka kegiatan pembinaan kwartir ranting dan Mabigus se-Kwartir Ranting Leles dan Kadungora. Acara tersebut diadakan di SDN 1 Leles dan SMP 1 Kadungora pada tanggal 1 Februari 2024.

Dalam sambutannya, dr. Helmi Budiman memberikan motivasi dan penekanan terkait peran Mabigus dan Pembina Gugus Depan. Ia menekankan pentingnya pemahaman terhadap tugas, peran, dan fungsi yang dimiliki oleh Mabigus dan Pembina Gugus Depan. Menurutnya, para pemimpin ini harus memahami anggaran dasar dan rumah tangga Kepramukaan.

Khususnya untuk Mabigus yang dijabat oleh para kepala sekolah, Helmi Budiman menegaskan peran penting mereka dalam mendukung kegiatan Pramuka di pangkalan sekolah. “Mabigus harus melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan Undang-undang,” ujarnya.

Salah satu peran utama Mabigus adalah memberikan dukungan agar kegiatan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi dapat berjalan eksis. Dr. Helmi Budiman menekankan bahwa hal ini harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam sambutannya, Helmi Budiman juga mendorong kolaborasi antara Mabigus, Gugus Depan, dan Kwarran. Menurutnya, kerjasama ini diperlukan untuk mencapai tujuan bersama. “Tidak bisa dilakukan sendiri, mari kita bersama-sama mencapai tujuan Kepramukaan untuk membentuk karakter, kepribadian, dan keterampilan generasi muda,” katanya.

Ketua Kwarcab Garut berharap bahwa amanah ini dapat dijadikan sebagai ladang pengabdian dan tempat untuk melibatkan diri dalam pembentukan karakter generasi muda. Dengan adanya dukungan dari Mabigus dan Pembina Gugus Depan, Kepramukaan di Kabupaten Garut diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi generasi penerus.

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita GarutIntanNews.com di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUeKWD1iUxcq6U1Fe40. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

Banyak Dibaca